Hari Ini dalam Sejarah: Presiden AS John F Kennedy Tewas Ditembak

Kompas.com - 22/11/2019, 06:31 WIB
Presiden John F Kennedy bersama istrinya Jacqueline, Gubernur Texas John Connally dan istrinya Nellie Connally berkendara bersama di dalam Limousine kepresidenan di Dallas pada 23 November 1963, hari tertembaknya Kennedy. 


Daily MailPresiden John F Kennedy bersama istrinya Jacqueline, Gubernur Texas John Connally dan istrinya Nellie Connally berkendara bersama di dalam Limousine kepresidenan di Dallas pada 23 November 1963, hari tertembaknya Kennedy.

KOMPAS.com - Hari ini 56 tahun yang lalu, Presiden ke-35 Amerika Serikat John F Kennedy ditembak pada 22 November 1963.

Dikutip dari History, Kennedy ditembak ketika sedang berada dalam iring-iringan mobil di pusat kota Dallas, Texas.

Istrinya, Jacqueline Kennedy yang biasanya jarang mendampingi Kennedy saat dinas politik, berada di sampingnya saat terjadi penembakan.

Di samping mereka, duduk Gubernur Texas John Conally dan istrinya.

Untuk menyapa warga yang berkumpul sempanjang rute iring-iringan, Kennedy dan Connally melambaikan tangan seraya menyapa mereka.

Namun, ketika mobil telah melewati gedung Texas School Book Depository pada pukul 12.30 siang, Lee Harvey Oswald menembakkan tiga peluru dari lantai enam ke mobil yang ditumpangi orang nomor satu AS itu.

Akibatnya, Presiden Kennedy dan Connally menderita luka serius.

Kennedy dinyatakan meninggal 30 menit kemudian di Rumah Sakit Dallas' Parkland.

Saat itu, usia Kennedy masih tergolong muda, yaitu 46 tahun.

Wakil Presiden Lyndon Johnson, yang berada tiga mobil di belakang Presiden Kennedy, kemudian dilantik sebagai Presiden AS ke-36 pada beberapa jam usai meninggalnya Kennedy.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X