Berkaca dari Marshanda, Bisakah Bipolar Terjadi karena Faktor Genetik?

Kompas.com - 21/11/2019, 15:14 WIB
Penyanyi dan pesinetron Marshanda melayat Cecep Reza di rumah duka di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (19/11/2019). Cecep Reza meninggal dunia di usia 31 tahun. KOMPAS.com/IRA GITA NATALIA SEMBIRINGPenyanyi dan pesinetron Marshanda melayat Cecep Reza di rumah duka di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (19/11/2019). Cecep Reza meninggal dunia di usia 31 tahun.

KOMPAS.com - Bintang sinetron Andriani Marshanda didiagnosis mengidap gangguan mental bipolar pada 2009.

Bipolar merupakan gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati, mulai dari posisi terendah depresif hingga tertekan ke posisi tertentu.

Pada awalnya, Marshanda pun mengaku tak mau menerima kenyataan bahwa ia mempunyai penyakit mental.

Bahkan, sosok ayah Marshanda sendiri juga mengalami penyakit serupa.

Lalu, apa itu bipolar? Bisakah bipolar disebabkan oleh faktor genetik?

Gangguan bipolar, juga dikenal sebagai penyakit manik-depresi, adalah gangguan otak yang menyebabkan perubahan suasana hati, energi, tingkat aktivitas, dan kemampuan yang tidak biasa untuk melakukan tugas sehari-hari.

Tipe bipolar

Ada tiga jenis utama gangguan bipolar, yakni:

- Bipolar I

Jenis bipolar ini ditandai dengan adanya episode manik yang berlangsung setidaknya tujuh hari, atau oleh gejala manik yang begitu parah sehingga orang tersebut membutuhkan perawatan rumah sakit segera.

Biasanya, episode depresi berlangsung setidaknya dua minggu. Namun, bisa juga munculnya campuran episode depresi dan manik yang terjadi secara bersamaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X