Film Frozen II Tayang, Ingat Tak Semua Kartun Cocok untuk Anak-anak

Kompas.com - 20/11/2019, 21:00 WIB
Cuplikan trailer film Frozen II. YouTube/Walt Disney Animation StudiosCuplikan trailer film Frozen II.

KOMPAS.com - Film animasi Frozen II mulai tayang di bioskop Indonesia. Tayangan kartun yang menceritakan kisah Putri Elsa, Anna, Olaf, Sven, dan Kristoff ini kembali dengan petualangan baru.

Sebelumnya, kartun Frozen sudah beredar dan digandrungi masyarakat. Tak hanya orang dewasa, dalam seri pertamanya, tayangan Frozen digandrungi anak-anak.

Namun ternyata, tidak semua jenis kartun cocok ditonton, khususnya bagi anak-anak di usia pra-sekolah.

Dalam studi berjudul The Immediate Impact of Different Types of Television on Young Children's Executive Function, yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, dijelaskan efek menonton kartun tertentu pada anak berusia 4 tahun.

Baca juga: Studi: SpongeBob Squarepants Pengaruhi Fokus dan Kontrol Diri Anak

Penelitian ini menjelaskan bagaimana dua buah tayangan animasi berbeda memengaruhi beberapa kemampuan anak-anak, seperti keterampilan dalam dalam memperhatikan, menyelesaikan masalah, fokus, dan kemampuan lainnya.

Adapun acara kartun yang harus ditonton anak-anak tersebut adalah SpongeBob Squarepants serta tayangan pendidikan berjudul Caillou.

Hasilnya, anak-anak yang menonton kartun dengan dengan yang berjalan lambat mendapatkan nilai tinggi dalam hal fokus dan pengendalian diri.

Para peneliti menyimpulkan bahwa hanya sembilan menit menonton kartun televisi yang bergerak cepat memiliki efek negatif langsung pada fungsi otak eksekutif anak berusia 4 tahun.

Ini karena, tayangan kartun Spongebob Squarepants mengalami perubahan adegan setiap 11 detik. Selain itu, animasi tersebut juga menyajikan gambar dengan degan yang cepat.

Perubahan adegan yang cepat ini disebuat tidak sesuai dengan perkembangan anak-anak, khususnya bagi mereka yang berusia 4 tahun.

Dengan demikian, perubahan adegan yang terlampau cepat pada tayangan animasi dapat memengaruhi fokus dan kontrol diri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X