Kompas.com - 20/11/2019, 19:36 WIB
4 Cara Kelola Sampah Plastik KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo4 Cara Kelola Sampah Plastik

KOMPAS.com - Penggunaan sampah plastik sebagai bahan bakar dalam produksi tahu di Desa Tropodo dan Desa Bangun, Jawa Timur menjadi sorotan dunia.

Pasalnya, meski sekilas pembakaran sampah plastik ini seperti menyelesaikan perkara sampah sekaligus membuat energi untuk produksi tahu, tapi hal ini menimbulkan masalah baru.

Organisasi non profit Internasional Pollutans Elimination Network (IPEN) menyebut, pembakaran sampah plastik secara terbuka tersebut berbahaya karena bisa menyebabkan timbulnya bahan kimia berbahaya.

Kabar buruknya lagi, zat kimia tersebut kemudian bisa mengkontaminasi tahu yang diproduksi.

Salah satu zat kimia paling berbahaya yang dihasilkan adalah dioksin. Zat ini disebut sebagai salah satu pemicu penyakit kanker, parkinson, hingga cacat lahir.

Ini membuktikan bahwa pembakaran tidak tepat dilakukan untuk mengelola sampah plastik. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengolah limbah plastik yang setiap hari jumlahnya bertambah?

Simak selengkapnya dalam infografik berikut ini.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 4 Cara Kelola Sampah Plastik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.