Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Orangutan Kembali Dilepasliarkan Setelah Jalani Rehabilitasi

Kompas.com - 19/11/2019, 18:00 WIB
Mela Arnani,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - 17 orangutan kembali dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kalimantan Barat.

Seluruh orangutan tersebut telah menuntaskan proses rehabilitasi panjang di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng yang dikelola Yayasan BOS.

Pelepasliaran ini disebutkan atas kerja sama BKSDA Kalimantan Tengah, Balai TNBBBR, USAID Lestari, dan Yayasan BOS.

"Ini merupakan pelepasliaran orangutan yang ke-18 kalinya ke TNBBBR, Kabupaten Katingan sejak pelepasliaran pertama oleh Yayasan BOS di taman nasional itu bulan Agustus 2016 lalu," kata CEO Yayasan BOS Jamartin Sihite kepada Kompas.com, Selasa (19/11/2019).

Dari 17 orangutan ini 4 di antaranya pernah tinggal di Gugusan Pulau Salat di Kabupaten Pulang Pisau. Gugusan pulau ini adalah bagian dari lahan konservasi seluas 2.089 hektar hasil kemitraan antara PT. Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Tbk. dan Yayasan BOS.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah wilayah beberapa waktu lalu memunculkan tingkat kekhawatiran bagi para penggiat lingkungan.

Baca juga: Misteri Kera Raksasa Setinggi 3 Meter Terkuak, Masih Kerabat Orangutan

Berkat kerja sama berbagai pihak, orangutan yang notabene berstatus sangat terancam punah berhasil diselamatkan dan dikembalikan ke hutan.

“Upaya pelestarian lingkungan hidup itu perlu didukung semua orang. Anda juga bisa berpartisipasi dengan melaporkan upaya memburu, menangkap, membunuh, atau memelihara satwa yang dilindungi Undang-undang seperti orangutan," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah Adib Gunawan.

"Orangutan sebagai spesies kunci di hutan, sangat berperan dalam ekosistem hutan. Kita wajib melindungi hutan kita dan keanekaragaman hayati di dalamnya,” sambungnya.

Survei yang dilaksanakan sebelum pelepasan liar menunjukkan bahwa TNBBBR mempunyai seluruh potensi yang dibutuhkan guna menunjang populasi orangutan secara berkelanjutan, ditambah aspek keamanan dan pengelolaan yang baik.

Disebutkan, kegiatan patroli dan pengamanan di wilayah TNBBBR dilakukan secara rutin.

Sehingga, diharapkan tindakan pengamanan ini membuat orangutan yang dilepasliarkan hidup aman dan membentuk populasi orangutan liar yang mandiri dan lestari.

Jamartin menjelaskan, terdapat beberapa titik pelepasliaran dengan maksud membantu persebaran populasi orangutan hasil rehabilitasi.

Pelepasliaran di TNBBBR, lanjut Jamartin, membantu mengurangi tekanan di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng akibat terus bertambahnya jumlah orangutan yang siap dilepasliarkan.

Jamartin menekankan, pemilihan lokasi pelepasliaran harus memenuhi syarat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com