Hari Ini dalam Sejarah: Kunjungan Bersejarah Anwar Sadat ke Israel

Kompas.com - 19/11/2019, 05:33 WIB
Presiden Mesir Anwar Sadat, Presiden AS Jimmy Carter, dan PM Israel Menachem Begin bersalaman usai meneken perjanjian damai di Gedung Putih, Washington DC. Warren K. Leffler Presiden Mesir Anwar Sadat, Presiden AS Jimmy Carter, dan PM Israel Menachem Begin bersalaman usai meneken perjanjian damai di Gedung Putih, Washington DC.

KOMPAS.com - Hari ini 42 tahun yang lalu, Presiden Mesir Anwar Sadat melakukan kunjungan bersejarah ke Israel pada 19 November 1977.

Kunjungan itu sekaligus menempatkannya sebagai pemimpin Arab pertama yang mengunjungi Israel.

Ia bertemu dengan Perdana Menteri Israel Menachem Begin dan berbicara di depan parlemen Israel, Knesset untuk membicarakan rencana damai antara Mesir dan Israel.

Kunjungan tersebut juga menjadi cikal bakal terwujudnya perjanjian damai Camp David antara Mesir dan Israel pada tahun 1978.

Sebagai ganjaran atas langkah damai yang dilakukan Sadat, Presiden Mesir itu pun meraih Nobel Perdamaian di tahun 1978, bersama dengan Menachem Begin.

Baca juga: Israel Klaim 1 Lagi Komandan Jihad Islam dan Keluarganya Tewas dalam Serangan

Anwar Sadat

Anwar Sadat, merupakan presiden ketiga Mesir, menggantikan posisi Gamal Abdel Nasser yang meninggal di tahun 1970.

Ketika menjabat sebagai presiden, Sadat menghadapi situasi kacau akibat kekalahan negara Arab dari Israel dalam Perang Enam Hari pada tahun 1967.

Selain mengalami kerugian materi, perang 1967 membuat negara Arab mengalami krisis kepercayaan diri.

Akibat kekalahan itu, Mesir terpaksa merelakan Semenanjung Sinai jatuh ke tangan Israel, Suriah harus kehilangan Dataran Tinggi Golan, dan Palestina harus menyerahkan sebagian besar wilayahnya ke Israel.

Tak hanya itu, kekalahan itu juga menjadi ujian besar bagi nasionalisme Arab yang sedang mengalami masa keemasannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X