Mulai 1 Desember KAI akan Berlakukan Gapeka 2019, Apa Itu?

Kompas.com - 18/11/2019, 19:31 WIB
Kereta Api (KA) Sancaka relasi Jakarta-Surabaya melintas di jalur ganda lintas Solo - Kedungbanteng setelah tersambung di Solo, Jawa Tengah, Selasa (20/8/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIKereta Api (KA) Sancaka relasi Jakarta-Surabaya melintas di jalur ganda lintas Solo - Kedungbanteng setelah tersambung di Solo, Jawa Tengah, Selasa (20/8/2019).

KOMPAS.com – Per 1 Desember 2019 nanti PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019.

Kebijakan tersebut ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 tahun 2019 mengenai Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019.

“Penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro pada saat Press Conference Persiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020 KAI dan Sosialisasi Gapeka 2019 di Gedung Jakarta Railways Center, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Gapeka 2019 dibuat untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan.

Bakal diberlakukannya Gapeka 2019 kali ini, Edi mengimbau agar seluruh calon penumpang KA pada masa Natal dan Tahun Baru nanti agar memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang akan dipesan.

Sebab penggunaan Gapeka 2019 nanti berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api, perubahan waktu tempuh, perubahan relasi KA dan perubahan nama beberapa stasiun.

Baca juga: Viral Video Masinis Beli Makanan Saat Kereta Berhenti di Perlintasan, Ini Penjelasan PT KAI

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang dan penyusulan yang digambarkan secara grafik untuk pengendalian perjalanan kereta api.

"KAI selalu berorientasi kepada kepuasan pelanggan dalam menentukan kebijakan perusahaan. Melalui Gapeka 2019, kami berharap semakin banyak lagi masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kereta api," ujar Edi.

Keunggulan Gapeka kali ini adalah melayani lebih banyak kereta api yakni 382 KA. Jumlah tersebut naik 15 persen dari tahun 2017.

Penambahan bukan hanya dari jumlah, namun juga dari kecepatan prasarana, penambahan kapasitas lintas melalui jalur ganda, serta memfasilitasi hadirnya KA-KA baru dengan rincian:
1. KA Anjasmoro, relasi Jombang- Pasar Senen pp
2. KA Dharmawangsa, relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen pp
3. KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasar Turi-Kutoarjo pp

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X