[HOAKS] TNI-Polri Gelar Operasi Cipta Kondisi pada 15-21 November 2019

Kompas.com - 18/11/2019, 18:43 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah pesan berantai mengenai akan digelarnya operasi gabungan TNI dan Polri, Operasi Cipta Kondisi tersebar di tengah masyarakat Batam melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Informasi yang disebarkan itu menyebutkan, jika ada warga masyarakat yang berkumpul di dalam maupun luar ruangan pada malam hari maka akan menjadi sasaran operasi ini.

Kabid Humas Polda Kepulauan Riau Kombes Pol S Erlangga menyebutkan, informasi tersebut tidak benar. 

Narasi yang beredar

Informasi yang beredar menyatakan, polisi dan TNI akan mengadakan Operasi Cipta Kondisi di tengah masyarakat pada 15-21 November 2019.

Masyarakat diminta untuk tidak berkegiatan secara berkelompok di malam hari baik di dalam maupun di luar ruangan untuk menjaga ketertiban bersama.

Informasi ini banyak beredar melalui pesan berantai WhatsApp di Batam sehingga menimbulkan keresahan tertentu.

Berikut isi lengkap dari pesan yang beredar tersebut: 

Ijin menyampaikan.. 'Sesuai hasil pertemuan kami malam ini tentang Persiapan OPERASI GABUNGAN CIPTA KONDISI skala besar mulai tgl 15 November 2019 sampai tgl 21 November 2019.

Dihimbau kepada seluruh rekan-rekan Ketua RT/RW dan warga terutama yang mempunyai anak usia remaja atau mahasiswa, apabila tidak urgent, agar menghin dari kegiatan-kegiatan yang sifatnya berkelompok, berkumpul baik di dalam ruangan maupun di jalan atau diLorong-lorong, karena akan dilaksanakan OPERASI CIPTA KONDISI skala besar, gabungan TNI polri selama 8 hari kedepan. 

Demi menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, agar meneruskan himbauan ini kepada warga dimasing-masing RT/RW…
Demikian di sampaikan
trims

Pesan berantai yang tersebar di WhatsApp tentang operasi Cipta Kondisi TNI PolriWhatsApp Pesan berantai yang tersebar di WhatsApp tentang operasi Cipta Kondisi TNI Polri

Klarifikasi Kompas.com

Berdasarkan klarifikasi Kompas.com, seperti diberitakan pada Senin (18/11/2019), dipastikan isi pesan tersebut merupakan hoaks yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X