Bertemu Pria Ekshibisionis, Jangan Takut Melawan!

Kompas.com - 17/11/2019, 15:15 WIB
Korban pelempar sperma oleh seorang pria di Kota Tasikmalaya ramai-ramai posting di media sosial. KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHAKorban pelempar sperma oleh seorang pria di Kota Tasikmalaya ramai-ramai posting di media sosial.

KOMPAS.com - Kasus pelecehan seksual terhadap perempuan dengan menggunakan cairan sperma di Tasikmalaya baru-baru ini semakin meresahkan warga masyarakat.

Sejauh ini belum diketahui pasti alasan pria tak dikenal di Tasikmalaya tersebut melakukan pelemparan cairan sperma terhadap belasan perempuan yang ada di pinggir jalan.

Diberitakan Kompas.com (16/11/2019), laki-laki itu melemparkan cairan dari kemaluannya setelah mengeluarkan kata-kata tidak pantas pada perempuan-perempuan yang sedang menunggu ojek online di Jalan Letjen Mashudi, Tasikmlaya.

Kejadian semacam ini tentu menimbulkan rasa takut tersendiri bagi para korban.

Namun, bagaimana sebenarnya kita bisa mengambil sikap saat menghadapi laki-laki dengan kelainan seksual semacam ini?

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa dr. Dharmawan Ardi Purnama, Sp.KJ menyebut pelaku tindakan semacam itu disebut sebagai pengidap gangguan ekshibisionisme.

"Memang masuk gangguan kalau itu, untuk memenuhi kebutuhan/kepuasannya. Seperti yang memperlihatkan kemaluannya, kan itu gangguan ekshibisionisme," kata Dharmawan saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/11/2019) siang.

Kelainan itu muncul sebagai bentuk ketidakmampuannya menyalurkan hasrat secara benar. Mereka menikmati reaksi ketakutan yang ditunjukkan oleh perempuan yang menjadi sasaran aksinya.

Baca juga: Dianggap Bermuatan Seksual, Instagram dan Facebook Larang Emoji Terong

Tindakan Tidak Jantan

Namun, Dharmawan menyebut perilaku ini merupakan cara seorang laki-laki yang tidak jantan alias 'banci'.

Mereka memamerkan kemaluan atau bagian privatnya kepada orang lain, karena tidak berani melakukan tindakan secara fisik pada korban.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X