Update Letusan Merapi, Sudah Tidak Ada Debu Vulkanik

Kompas.com - 17/11/2019, 15:14 WIB
Lokasi Gunung Merapi pada Minggu, (17/11/2019) pukul 11.10 WIB, debu vulkanik terdeteksi bergerak ke arah Barat Daya. BMKGLokasi Gunung Merapi pada Minggu, (17/11/2019) pukul 11.10 WIB, debu vulkanik terdeteksi bergerak ke arah Barat Daya.

KOMPAS.com - Gunung Merapi kembali mengeluarkan letusan yang mencapai kurang lebih 1.000 meter dari puncak pada Minggu (17/11/2019) pukul 10.46 WIB.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bnecana (BNPB) Agus Wibowo mengungkapkan, pada pukul 13.00 WIB langit sudah bersih dari abu vulkanik pasca letusan Gunung Merapi.

"Jam 13.00 WIB sudah tidak ada lagi debu vulkanik di angkasa," ujar Agus saat dihubungi Kompas.com pada Minggu (17/11/2019).

Sebelumnya, Agus mengatakan, daerah yang terdampak abu vulkanik ada di Desa Banyubiru Dukun, Magelang, Jawa Tengah.

"Daerah yang terdampak abu vulkanik ada di Desa Banyubiru Dukun, abu tipis," kata dia.

Baca juga: Gunung Merapi Meletus, Tak Pengaruhi Penerbangan

Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida, mengatakan, letusan tersebut masih terkandung awan panas.

"Ada awan panas, meskipun kecil. Karena masih ada material kubah lava yang terbongkar," ujar Hanik dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu.

Menurut Hanik, ada sejumlah potensi ancaman bahaya, yakni berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

Melansir dari situs MAGMA Indonesia, gunung setinggi 2.968 mdpl ini teramati letusan dengan tinggi 1.000 meter dan warna asap.

Diketahui, dari aktivitas tersebut Gunung Merapi tingkat aktivitas berada di level II (Waspada).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X