2,3 Juta Pelamar Buat Akun SSCN CPNS 2019, Tak Semua Unggah Dokumen

Kompas.com - 16/11/2019, 17:30 WIB
Tampilan halaman registrasi SSCN BKN sscn.bkn.go.idTampilan halaman registrasi SSCN BKN

KOMPAS.com - Pendaftaran rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019 memasuki hari kelima.

Pendaftaran online terintegrasi secara secara nasional lewat portal SSCASN yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN Paryono menyampaikan, hingga 16 November 2019, tercatat sebanyak 2,3 juta pelamar telah membuat akun SSCN.

“Namun baru 10,6 persen dari jumlah tersebut yang menuntaskan langkah pendaftaran hingga tahap submit,” kata Paryono kepada Kompas.com, Sabtu (16/11/2019) sore.

Hal ini diperkirakan terjadi lantaran banyak pelamar yang masih mencari informasi mengenai perkembangan pendaftaran.

Paryono menjelaskan, dalam portal SSCN telah terunggah informasi lowongan CPNS dari 507 instansi pemerintah dari total 524 instansi yang membuka rekrutmen.

Baca juga: BKKBN Sediakan 282 Formasi CPNS 2019 untuk Pusat dan Daerah, Ini Rinciannya

Sehingga, lanjut dia, sebenarnya sudah cukup banyak alternatif formasi jabatan yang dapat dipilih pelamar.

Pelamar yang telah menentukan pilihan instansi dan formasi yang akan dilamar, khususnya yang telah membuat akun dalam portal SSCN diimbau untuk segera menuntaskan tahapan pendaftaran hingga submit.

“Hal ini perlu dilakukan agar pelamar tidak terjebak dalam situasi hectic yang menyebabkan pelamar sulit mengakses portal SSCN karena saling menunda-nunda penyelesaian tahapan pelamaran,” ujar Paryono.

Selain itu, pelamar diimbau untuk hanya meng-input data dan berkas yang sebenarnya dan disyaratkan instansi dalam field lamaran.

Dikhawatirkan jika pelamar “main-main” dalam pengunggahan dokumen, pelamar kemudian lupa untuk mengganti dengan data yang sesungguhnya, sehingga data palsu/tidak benar yang justru tersimpan dalam database SSCN ataupun yang tercetak.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X