Antara "Jan Ethes" dan Varietas Baru Buah Anggur...

Kompas.com - 16/11/2019, 05:45 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyematkan nama Jan Ethes pada buah anggur. (foto: Humas Pertanian) Dok Kementerian PertanianMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyematkan nama Jan Ethes pada buah anggur. (foto: Humas Pertanian)

KOMPAS.com - Nama " Jan Ethes" kian tenar. Pasalnya selain diketahui publik sebagai nama cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi), "Jan Ethes" juga dipergunakan untuk menamakan varietas anggur baru hasil inovasi Badan Litbang Kementerian Pertanian.

Pemberian nama "Jan Ethes" tersebut diberikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada saat acara Pencanangan Gerakan Nasional Pengembangan Mangga dan Anggur sebagai rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional di Kebun Instalasi Penelitian Pengembangan Teknologi Pertanian Cukurgondang, Pasuruan, Jumat (15/11/2019).

Jan Ethes Srinarendra sendiri diketahui merupakan putra pertama dari anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dari hasil pernikahannya bersama Selvi Ananda.

Jan Ethes lahir di RS PKU Muhammadiyah, Surakarta pada Kamis (10/3/2016) silam.

Pemberian nama Jan Ethes sendiri diberikan oleh sang ayah, yakni Gibran.

"Jan" diartikan dengan sangat atau sekali, "Ethes" berarti cekatan, sedangkan "Srinarendra" adalah pemimpin yang cerdas.

Namun, Gibran juga mengakui bahwa Presiden Jokowi juga ikut andil dalam pemberian nama Jan Ethes.

Dijadikan nama varietas anggur

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan penamaan varietas anggur baru "Jan Ethes SP1" tersebut tidak hanya dikaitkan dengan cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun ada makna lain dari nama Jan Ethes tersebut.

Baca juga: Saat Gibran Mulai Unjuk Gigi...

Menurutnya, alasan pemberian nama tersebut bila diartikan dalam bahasa Indonesia menyimpan makna mendalam.

"Saya suka nama itu, dalam bahasa Jawa artinya sangat bagus, Jan berarti sangat, Ethes berarti cekatan, pas sekali, ini varietas unggul, ke depannya varietas ini akan terus dikembangkan, harapannya anggur jenis ini akan meningkatkan produksi anggur dalam negeri, dan menjadi produk buah unggulan baru kita," katanya seperti dikutip Kompas.com, Jumat (15/11/2019).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X