BKN Tiadakan Fitur Jumlah Pelamar CPNS 2019 di Portal SSCN, Ada Apa?

Kompas.com - 15/11/2019, 20:05 WIB
Tampilan halaman registrasi SSCN BKN sscn.bkn.go.idTampilan halaman registrasi SSCN BKN

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara ( BKN) meniadakan fitur jumlah pelamar yang termuat dalam menu Sistem Pencarian Formasi (SPF) sejak dimulainya pendaftaran CPNS 2019, Senin (11/11/2019).

Adapun fungsi fitur tersebut, yakni pelamar CPNS dapat mengetahui data jumlah pelamar pada setiap formasi secara real time pada portal SSCN.

Namun, berdasarkan keterangan resmi dari BKN, pihaknya meniadakan kemudahan tersebut karena ditemukannya indikasi tindak kecurangan.

"Kami sampaikan bahwa menu SPF pada portal SSCN kini ditiadakan. Hal itu disebabkan oleh ditemukannya indikasi tindak kecurangan penyalahgunaan data pelamar yang termuat dalam menu SPF," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN, Paryono, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (15/11/2019).

Ia menjelaskan, indikasi tindak kecurangan tersebut dilakukan oleh sejumlah oknum dengan cara mendaftarkan sejumlah pelamar fiktif pada formasi tertentu agar terlihat banyak pendaftarnya. 

Tindak kecurangan tersebut, imbuhnya diketahui oleh pihak BKN setelah melalui proses evaluasi.

Asal-asalan

Diketahui, sejumlah pihak yang telah mendaftar tersebut berlaku asal-asalan dalam mengunggah dokumen.

"Mereka asal mendaftar, yang penting bisa submit dan tercatat sebagai pendaftar pada formasi tersebut. Jadi seolah-olah pada formasi tersebut banyak yang daftar dan orang akan merasa malas untuk berkompetisi dalam formasi tersebut," ujar Paryono.

Baca juga: Terbaru, Formasi dan Link CPNS 2019 di Daerah, dari Aceh hingga Maluku

Dengan demikian, fitur tersebut ditiadakan demi menciptakan kompetisi adil, tanpa pelamar terpengaruh dengan kuantitas pelamar pada formasi tertentu (blind competition).

"Jadi, sekarang kita tutup. Pelamar benar-benar tidak tahu berapa banyak pesaingnya. Jika minat pada salah satu formasi segera submit," lanjutnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X