Tercatat 74 Gempa Susulan Pasca-gempa 7,1 M Guncang Maluku Utara

Kompas.com - 15/11/2019, 07:55 WIB
Ilustrasi gempa, gempa Banten ShutterstockIlustrasi gempa, gempa Banten

KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 7.1 mengguncang Maluku Utara pada Kamis (14/11/2019) pukul 23.17 diikuti puluhan gempa susulan.

Kabid Informasi Gempa Bumi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, gempa berpusat di laut dengan jarak 134 km arah barat laut Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara.

"Gempa ini merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi atau penyesaran dalam lempeng Laut Maluku," kata Daryono saat diubungi Kompas.com, Jumat (15/11/2019) pagi.

Hingga JUmat (15/11/2019) pukul 06.59 WIB, Daryono mengatakan, tercatat puluhan gempa susulan (aftershocks) di Laut Maluku Utara pasca gempa utama bermagnitudo 7.1.

Baca juga: BMKG: Tercatat 28 Kali Gempa Susulan, Warga Diimbau Waspada Bangunan Retak dan Rusak

Gempa susulan setelah gempa bermagnitudo 7.1 mengguncang Maluku Utara.BMKG Gempa susulan setelah gempa bermagnitudo 7.1 mengguncang Maluku Utara.

"Hingga pagi ini pukul 06.59 WIB telah terjadi 74 aktivitas gempa susulan (aftershocks) di Laut Maluku Utara. Susulan dirasakan ada 6 gempa" ujar dia.

Daryono menjelaskan, terdapat 11 kali gempa susulan dengan kekuatan di atas 5.0 magnitudo.

"(Gempa) susulan paling kuat bermagnitudo 5.9," kata dia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa dirasakan di Bitung dan Manado IV-V MMI di mana guncangan dirasakan oleh hampir semua orang. Gempa juga dirasakan di Gorontalo, Halmahera, dan Ternate.

Peringatan dini tsunami

Berdasarkan monitoring muka air Laut (Tide Gauge), terlihat adanya perubahan muka air laut di Ternate setinggi 6 cm (23.43 WIB), Jailolo setinggi 9 cm (23.43 WIB) dan Bitung 10 cm pada 15 November 2019 (00.08 WIB) .

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X