Skuter Listrik, Jawaban atau Masalah Baru di Kota Besar?

Kompas.com - 14/11/2019, 06:02 WIB
Sejumlah skuter listrik Grab Wheels diparkirkan di salah satu lokasi parkir GrabWheels di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019). KOMPAS.com/HILEL HODAWYASejumlah skuter listrik Grab Wheels diparkirkan di salah satu lokasi parkir GrabWheels di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara mobil dan skuter listrik mendapat perhatian khusus.

Peristiwa itu menyebabkan dua pengendara skuter yakni Wisnu (18) dan Ammar (18) meninggal dunia. Sementara empat pengendara lainnya mengalami luka-luka.

Bahkan, adanya kejadian ini membuat Polda Metro Jaya akhirnya mengimbau agar para pengendara tidak menggunakan skuter listrik di jalan raya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar menekankan agar pengguna juga dilengkapi alat keselamatan seperti helm.

Imbauan juga diberikan kepada pengelola alat transportasi ini agar tidak menyewakan kendaraan tersebut di kawasan yang dekat dengan jalan raya.

Kasus tersebut kemudian membuahkan pertanyaan, apakah moda transportasi mikro seperti skuter listrik merupakan jawaban permasalahan transportasi perkotaan atau justru menjadi beban?

Baca juga: GrabWheels Klaim Punya Aturan buat Pengguna Skuter Listrik

Selama ribuan tahun, jalan-jalan dibangun untuk pejalan kaki, pedagang kaki lima, dan kuda, dan akhirnya untuk kereta, mobil kabel, dan sepeda.

Tetapi mulai abad ke-20, jalanan dibangun bagi para pengendara mobil pribadi dan transportasi umum.

Skuter listrik diklaim ramah lingkungan

Ditambah, populasi urban yang terus meningkat membuat masyarakat mencari alternatif khususnya di bidang transportasi.

Kota-kota besar dunia juga mengalami permasalahan serupa. Masifnya urbanisasi menyebabkan polusi dan kemacetan.

Kondisi tersebut diperparah dengan buruknya transportasi publik yang disediakan. Oleh karenanya, perusahaan dan masyarakat mulai beralih ke moda transportasi alternatif untuk memudahkan mereka dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Salah satu moda tersebut adalah skuter listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X