Kompas.com - 12/11/2019, 21:00 WIB
Ilustrasi ayah dan anak berolahraga bersama LightFieldStudiosIlustrasi ayah dan anak berolahraga bersama

KOMPAS.com - Father's Day atau Hari Ayah diperingati setiap tanggal 12 November di Indonesia. Selain Indonesia, peringatan khusus bagi sosok ayah ini juga dirayakan di beberapa negara, antara lain:

Amerika Serikat (AS)

Di AS, Hari Ayah diperingati pada Hari Minggu ketiga di Bulan Juni. Menurut laman National Geographic, peringatan ini muncul dari seorang wanita di Spokane, Washington bernama Sonora louise Smart Dodd pada awal abad ke-20.

Kala itu, ayanh Dodd yang telah menjadi duda bekerja keras untuk menghidupi dia dan kelima adiknya. Pada khotbah hari Minggu, Dodd menyadari perlunya peringatan serupa Hari Ibu untuk para ayah.

Dari pemikiran ini, Dodd pun lalu membuat petisi untuk mengadakan Hari Ayah pertama. Menurutnya, peringatan Hari Ayah pertama tersebut harus diperingati pada ulang tahun ayahnya, yakni pada awal Juni.

Baca juga: Hari Ayah Nasional, Ini Peran Penting Ayah dalam Perkembangan Anak

Meskipun petisi hanya menghasilkan dua tanda tangan, Dodd meyakinkan beberapa komunitas gereja setempat untuk berpartisipasi.

Selama setengah abad berikutnya, Dodd melakukan perjalanan ke seluruh penjuru AS dan mengkampanyekan pentingnya peringatan tersebut. Peringatan Hari Ayah di AS menjadi libur resmi pada tahun 1972.

Brazil

Di negara ini, Hari Ayah diperingati setiap hari Minggu kedua Bulan Agustus untuk menghormati St. Joachim, ayah Maria yang disebut sebagai santo pelindung para ayah.

Mesir, Yordania, Kosovo, Lebanon, Suriah, dan Uni Emirat Arab

Negara-negara in merayakan Hari Ayah pada tanggal 21 Juni. Melansir laman Al Jazeera, perayaan ini dilakukan berteparan dengan titik balik matahari pada musim panas.

Italia, Spanyol, dan Portugal

Hari Ayah di negara-negara ini diperingati bersamaan dengan Hari St. Joseph.

Rusia

Setara dengan Hari Ayah, negara ini juga memiliki peringatan khusus yang didedikasikan bagi para kepala keluarga. Pada awalnya, Hari Ayah merupakan peringatan militer.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X