[HOAKS] Jokowi Kenakan Kaos Bertuliskan Aica Aibon

Kompas.com - 12/11/2019, 16:00 WIB
Foto Jokowi mengenakan kaos kuning bertuliskan Aica Aibon Facebook/reyner.juniorFoto Jokowi mengenakan kaos kuning bertuliskan Aica Aibon
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com – Sebuah unggahan di media sosial Facebook, terlihat Presiden Joko Widodo mengenakan kaos berwarna kuning bertuliskan Aica Aibon saat berjalan bersama dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mendadak menjadi perhatian publik.

Aica Aibon merupakan merk lem yang sebelumnya ramai diperbincangkan publik karena tercantum dalam rencana belanja provinsi DKI Jakarta tahun 2020 dengan menelan anggaran lebih dari delapan puluh miliar Rupiah.

Namun kini diketahui tulisan pada kaos itu merupakan hasil editan digital.

Narasi yang beredar:

Foto itu dibagikan oleh akun Facebook bernama Le’Bel Jr. pada Minggu (10/11/2019) kemarin dengan diberi keterangan yang sekilas bernada memuji kreativitas sang Presiden yang mengenakan kaos berisi pesan nyentil di tengah situasi politik hari ini.

Ahh.. Pakde bisa ajah..
Mau dong pakde kaosnya
PRESIDENKU

Hingga Selasa (12/11/2019) pukul 15.00 WIB, unggahan itu sudah disukai oleh 146 akun, mendapat 31 komentar, dan dibagikan sebanyak 17 kali.

Penelusuran Kompas.com:

Dengan menggunakan Google Reverse Image, kami menelusuri asal-muasal foto tersebut hingga ditemukan satu fakta yang valid.

Foto diambil oleh tim dari NET dengan latar lokasi di Istana Bogor pada 24 Maret 2018.

Waktu ini tentu terjadi jauh lebih dulu dibandingkan dengan ramai lem Aibon di Pemprov DKI beberapa waktu belakangan.

Pose kedua tokoh politik itu terlihat sama persis dengan pose pada foto yang tersebar di Facebook. Tidak hanya itu, latar di belakangnya pun terlihat identik, termasuk adanya 3 orang yang berdiri di kejauhan dan terlihat di tengah potret keduanya.

Bedanya, foto asli menunjukkan Jokowi dan Airlangga mengenakan kaos yang sama-sama polos tanpa ada tulisan atau gambar apapun.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X