Cerita Melawan Hoaks dari Berbagai Negara...

Kompas.com - 12/11/2019, 09:16 WIB
Fact-Checker Partner Summit 2019 di Menlo Park, California Kompas.com/Luthfia Ayu AzanellaFact-Checker Partner Summit 2019 di Menlo Park, California

MENLO PARK, KOMPAS.com - Ratusan fact-checker dari berbagai media yang berasal dari berbagai negara mengadakan pertemuan yang digagas Facebook dalam Fact-checking Summit 2019, di Menlo Park, California, Amerika Serikat, pada 5-6 November 2019.

Dari Indonesia, selain dua perwakilan Kompas.com, ada pula 5 orang fact-checker yang dari Liputan6.com, Tirto.id, dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Berbagai hal dibahas dalam pertemuan tersebut, mulai dari pengenalan pembaruan teknologi, hal-hal yang bersifat teknis, hingga berbagi pengalaman upaya melawan hoaks dan penanganannya di berbagai negara.

Secara sederhana, dari pengalaman yang dibagi sejumlah fact-checker dari berbagai negara, dipahami bahwa isu yang muncul dan berkembang menjadi hoaks di masing-masing negara berbeda satu dengan yang lainnya.

Banyak faktor yang memengaruhinya.

Meski ada perbedaan, penyebaran hoaks relatif sama, yakni melalui berbagai media sosial maupun aplikasi perpesanan WhatsApp.

Salah satu cerita dibagikan fact-checker asal India, Abhisek Kumar, yang berbincang dengan Kompas.com, di sela pertemuan. 

Kumar mengaku mendapatkan banyak hal baru selama mengikuti pertemuan fact-checker global ini.

Salah satunya, mengenai teknologi pengumpul data di internet, Crowdtangle, yang dinilainya sangat membantu kerja cek fakta dalam mendeteksi dan mengatasi hoaks yang merebak.

Crowdtangle sangat baik, ada banyak fitur baru yang dapat membantu kerja kita semua ke depannya. Dia juga bisa menampilkan konten yang dibagikan di Facebook,” kata Kumar yang juga merupakan Editor in Chief Indian Express, Rabu (6/11/2019).

Di India, Kumar menjelaskan, Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan untuk menyebarkan informasi.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X