Jelang Pendaftaran CPNS, Kok Masih Banyak Orang Percaya dengan Jimat?

Kompas.com - 10/11/2019, 20:33 WIB
Ilustrasi jimat ShutterstockIlustrasi jimat

KOMPAS.com - Seleksi CPNS 2019 akan segera dibuka esok hari, Senin (11/11/2019).

Tiap tahun, penerimaan CPNS selalu dibarengi dengan berbagai hal unik di dalamnya, mulai dari prosedur pendaftaran hingga hal-hal yang dilakukan oleh pelamarnya.

Salah satu hal yang seringkali mewarnai dan dapat dijumpai dalam seleksi CPNS adalah adanya penggunaan jimat, dukun, ataupun hal-hal sejenis oleh peserta CPNS.

Misalnya, pada seleksi CPNS 2018, keberadaan jimat diketahui saat petugas menggeledah peserta seleksi CPNS sesaat sebelum memasuki ruang tes. Adapun isi jimatnya pun bermacam-macam.

Sebagaimana telah diberitakan Kompas.com (16/11/2018), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa peserta yang membawa jimat tetap dapat mengikuti tes seleksi.

Namun, jimat yang dikenakan oleh peserta seleksi tersebut harus dilepas dan tidak boleh dibawa ke ruang tes.

Selain jimat, ada juga peserta yang membawa dukun. Hal ini dilakukan oleh peserta seleksi yang sudah mengetahui larangan membawa jimat.

Baca juga: Jimat, Dukun dan Joki Warnai Seleksi CPNS 2018

Peluang yang Ketat

Menurut Pengamat Budaya dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Dr. Sunu Wasono, fenomena-fenomena ini mungkin terjadi karena tingginya persaingan untuk dapat diterima sebagai PNS.

Oleh karena itu, orang lalu mencari segala macam cara untuk dapat lolos.

"Nah, saking ketatnya, barangkali orang mencari cara-cara yang sifatnya sebetulnya tidak rasional, cara-cara bantuan dukun dan lain sebagainya. Tapi, itu memang sekarang kan ada kecenderungan orang untuk memanfaatkan hal-hal yang ghaib ya, yang tidak masuk akal itu untuk tujuan-tujuan praktis," tutur Sunu saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/11/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X