Bak Sedotan Plastik, "Sheet Mask" Punya Dampak Buruk Bagi Lingkungan

Kompas.com - 09/11/2019, 21:00 WIB
ilustrasi sheet mask shutterstockilustrasi sheet mask

KOMPAS.com - Sheet mask atau masker lembaran merupakan salah satu produk yang populer digunakan dalam perawatan kecantikan.

Masker ini terbuat dari katun tipis berisi formula cair. Banyak perusahaan kecantikan yang mengklaim jika masker jenis ini mampu mencerahkan, melembabkan, hingga mengatasi garis halus atau kerutan pada wajah.

Masker ini pada umumnya hanya digunakan untuk perawatan sekali pakai. Bahkan dibandingkan dengan masker oles pada umumnya, sheet mask dianggap lebih praktis. 

Untuk itulah, banyak orang yang memanfaatkan produk kecantikan ini. 

Namun sebuah studi baru-baru ini menunjukkan jika sheet mask bisa menjadi salah satu polutan baru serta memiliki dampak yang sama dengan sedotan plastik sekali pakai.

Baca juga: Tren Tinggalkan Sedotan Plastik, Seberapa Besar Kontribusinya untuk Lingkungan?

Melansir laman The Guardian, penggunaan produk seperti sheet mask dan tisu basah merupakan salah satu alasannya. Konon, banyak orang menganggap jika pengurangan penggunaan produk sekali pakai ini dapat memangkas jumlah limbah.

Bagi mereka yang serius mengurangi limbah, menghindari produk sekali pakai seperti tisu basah dan masker lembaran adalah kuncinya.

Bahkan pada tahun 2018 lalu, lembaga Water UK sendiri mengungkapkan jika 93 persen limbah yang mengotori selokan di Inggris merupakan produk tisu basah.

Sementara riset yang dilakukan Mintel menemukan produk kecantikan lain seperti sheet mask juga menjadi salah satu polutan dan disebut sebagai "sedotan plastik baru".

Adapun sebutan ini diberikan mengingat kerusakan yang ditimbulkan oleh masker lembaran sama dengan apa yang bisa dilakukan oleh sedotan plastik.

Meski begitu, tak hanya masker lembaran dan tisu basah saja yang bisa mengotori lingkungan. Pengemasan yang tidak berkelanjutan seperti produk yang dibungkus dalam botol kaca dan plastik juga memiliki dampak yang nyata.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X