Kompas.com - 09/11/2019, 19:05 WIB
30 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo30 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin

KOMPAS.com - Hari ini, 9 November 1989 atau tepat 3 dekade lalu, Tembok Berlin yang menjadi simbol pemisah Jerman Barat dan Jerman Timur dirobohkan oleh massa.

Aksi massa ini didorong oleh runtuhnya Uni Soviet serta penerapan sejumlah reformasi liberal yang dilakukan oleh Jerman Timur sebelumnya.

Menurut artikel Washington Post, Jumat (8/11/2019), aksi massa tersebut didasari oleh pengumuman Pemerintah Jerman Timur.

Pada 9 November pagi, Pemerintah Jerman Timur mengatakan jika warganya bisa dengan bebas melintasi tembok pembatas ke wilayah Barat.

Usai pengumuman tersebut, warga Jerman Timur mulai mengerumuni Tembok Berlin di mana mereka disambut oleh warga di Berlin Barat.

Melansir History, saat orang-orang dari Berlin Barat dan Timur mulai berkumpul di sekitar tembok, mereka mulai menyerukan kalimat Tor auf atau "Buka Gerbangnya" sembari minum bir serta champagne.

Saat itu dilaporkan sebanyak 2 juta orang datang berkumpul di Tembok Berlin.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penemuan X-Ray Mengubah Dunia

Lebih lengkap simak infografik berikut ini!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 30 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X