Ashanty Idap Autoimun, Ternyata Risiko Penyakit Ini bisa Meningkat Akibat Stres

Kompas.com - 09/11/2019, 06:00 WIB
KOMPAS.com/Tri Susanto Setiawan

KOMPAS.com - Penyanyi Ashanty kembali menjadi sorotan netizen setelah menceritakan lebih lanjut kondsinya.

Istri Anang Hermansyah itu tidak bisa mengonsumsi antibiotik karena penyakit autoimun yang dideritanya.

Alhasil, lengannya mengalami pembengkakan karena reaksi tubuh terhadap suntikan vitamin C yang bertujuan untuk menambah daya tahan.

Penyakit autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang tubuh kita.  Sistem kekebalan biasanya melindungi diri dari kuman seperti bakteri dan virus.

Ketika ada bakteri atau virus yang masuk, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi untuk menyerang bakteri atau virus tersebut. Penyakit in ternyata juga bisa dipicu oleh stres.

Baca juga: Pembuluh Darah Ashanty Meradang karena Autoimun, Apa Itu?

Sebuah studi juga membuktikan, mereka yang mengalami stres kronis berisiko lebih tinggi untuk mengalami autoimun.

Dalam riset ini, peneliti menganalisis 100.000 orang yang didiagnosis mengalami stres.

Peneliti juga membandingkan kecenderungan mereka untuk mengembangkan penyakit autoimun setidaknya satu tahun kemudian dengan 126.000 saudara kandung mereka, dan satu juta orang lainnya yang tidak memiliki gangguan terkait stres.

Dari hasil riset, terungkap bahwa individu yang didiagnosis stres 36 persen lebih mungkin mengalami 41 jenis penyakit autoimun, termasuk rheumatoid arthritis, psoriasis, penyakit Crohn dan penyakit celiac.

"Pasien yang menderita reaksi emosional parah setelah trauma atau tekanan kehidupan lainnya harus mencari perawatan medis," ucap Dr. Huan Song, selaku pemimpin riset.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X