Waspada, Hujan Lebat dan Angin Kencang hingga 9 November 2019

Kompas.com - 07/11/2019, 20:39 WIB
Palembang diguyur hujan deras setelah sebelumnya diselimuti kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan, Kamis (17/10/2019). KOMPAS.COM/AJI YK PUTRAPalembang diguyur hujan deras setelah sebelumnya diselimuti kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan, Kamis (17/10/2019).

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memprediksi adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah Indonesia dalam dua hari ke depan, yakni Jumat-Sabtu (8-9/11/2019).

Berdasarkan pengamatan BMKG, terdapat siklon tropis Nakri di Laut China Selatan bagian utara, sirkulasi siklonik di Vietnam (level 925/850hpa), sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik utara Papua (level 925/700 hPa), sirkulasi siklonik di utara Australia (level 925/900 hPa), serta sirkulasi udara tertutup di Papua Barat.

Berdasarkan keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (7/11/2019), konvergensi terdapat di wilayah Laut Andaman, Kalimantan bagian utara, dan Samudera pasifik utara Papua.

Selain itu, terdapat belokan angin di wilayah Sumatera bagian utara dan tengah, Kalimantan bagian barat, tengah dan timur, Sulawesi bagian tengah, Maluku bagian tengah, Papua barat, dan Papua.

"Dari pantauan BMKG terjadi potensi hujan lebat hari ini 07 November 2019 di Wilayah Riau, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Utara," ujar Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/11/2019).

Hujan lebat, sambungnya masih berpotensi terjadi di Riau dan Kalimantan Utara pada Jumat (8/11/2019).

Disusul, Sabtu (9/11/2019) hujan lebat juga masih berpotensi terjadi di Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, dan Gorontalo.

Baca juga: 7 Cara Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X