Sebabkan Seorang Petugas Sedot WC Tewas, Mengapa Septic Tank Bisa Meledak?

Kompas.com - 07/11/2019, 06:28 WIB
KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI

KOMPAS.com - Sebuah bak penampungan tinja atau biasa disebut dengan septic tank meledak hingga menewaskan seorang petugas sedot WC.

Peristiwa tersebut terjadi di Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur pada Senin (4/11/2019).

Sebelum ledakan terjadi, supir truk tinja mengambil koran dan membakarnya, lalu memasukan koran yang terbakar itu ke dalam septic tank.

Lalu mengapa septic tank itu bisa meledak?

Ahli Kimia dari Universitas Indonesia Budiawan mengatakan, potensi ledakan pada septic tank bisa terjadi karena adanya gas metana yang terbentuk secara anaerob dari buangan atau limbah tinja dalam septic tank yang tertutup.

"Koran yang terbakar tersebut bisa menjadi sumber api yang membuat gas metana bersifat eksplosif," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (6/11/2019).

Hal senada juga diungkapkan oleh ahli kimia dari Universitas Gajah Mada, Chairil Anwar.

Menurutnya, ledakan tersebut terjadi karena adanya pembentukan gas metana yang dipicu percikan api dari koran yang terbakar.

Ia menduga proses fementasi yang terjadi dalam septic tank tersebut sangat kuat sehingga terbentuklah gas metana dalam jumlah besar.

Mengutip laman Livescience, Metana merupakan komponen utama gas alam dan mudah terbakar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X