Anak Terlihat Sering Gelisah? Bantu Ringankan dengan 5 Cara Ini

Kompas.com - 04/11/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi anak cemas ShutterstockIlustrasi anak cemas

KOMPAS.com - Ada bermacam hal yang dapat membuat anak gelisah. Ketika gelisah, anak-anak dapat melakukan berbagai hal sebagai bentuk respons, mulai dari melawan hingga diam (tanda stres akut).

Respons-respons tersebut merupakan reaksi psikologis dari anak-anak terhadap sesuatu yang dianggap menakutkan.

Beberapa anak mengalami kegelisahan yang lebih dari anak-anak lain.

Dikutip dari situs Psychology Today, sekitar 15-20 persen anak terlahir dengan temperamen kegelisahan yang lebih (bagian amigdala dari otak lebih reaktif).

Anak yang gelisah dapat menunjukkan tanda-tanda seperti berteriak, gemetaran, berlari, menjadi sangat pendiam, bertingkah aneh, bersembunyi, berpegangan erat-erat, menunjukkan tantrum, atau bertingkah untuk menghindari lingkungan yang dianggap menegangkan.

Baca juga: Merasa Gelisah dan Depresi? Mungkin Anda Kurang Tidur

Dalam keadaan seperti itu, orang tua mungkin melakukan kesalahan dalam merespons anaknya tanpa terlebih dahulu memperhatikan faktor-faktor psikologis. Sebab, kegelisahan dapat tampak seperti penyimpangan atau sekadar mencari perhatian.

Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan orang tua untuk menenangkan anaknya untuk kembali merasa aman dan mengontrol kecemasan yang dialami anak:

1. Stimulasi saraf vagus

Stimulasi terhadap saraf vagus anak dapat memutuskan mode melawan dan mengirim sinyal ke otak anak bahwa mereka tidak sedang dalam bahaya.

Cara-cara untuk menstimulai saraf vagus dapat dilakukan dengan mengunyah permen karet, bernyanyi atau bergumam, bernapas dengan lambat, memakan cokelat, dan berkumur.

2. Bernapas lebih lambat

Ketika anak cemas, mereka cenderung bernapas dengan cepat dan pendek. Tuntunlah anak untuk bernapas dengan lebih lambat dan dalam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X