Dianggap Bermuatan Seksual, Instagram dan Facebook Larang Emoji Terong

Kompas.com - 03/11/2019, 20:33 WIB
ilustrasi terong alexannabutsilustrasi terong

KOMPAS.com – Raksasa media sosial Facebook dan Instagram, baru-baru ini mengeluarkan larangan penggunaan emoji terong, buah persik dan tetesan air.

Melansir dari Mirror, larangan tersebut dikeluarkan karena emoji tersebut dianggap terlalu “sugestif secara seksual”.

Emoji terong dianggap mengarah pada simbol alat kelamin pria, buah persik dianggap menyimbulkan bokong dan tetesan air menyimbolkan ejakulasi.

Perubahan tersebut merupakan bagian dari pembaruan Standar Komunitas yang dimiliki facebook tentang obrolan seksual.

Facebook menjelaskan dalam peraturannya, bahwa pihaknya tidak menyetujui ketika terdapat konten yang memfasilitasi, mendorong, atau mengkoordinasikan pertemuan seksual antar orang dewasa.

“Kami membatasi bahasa eksplisit seksual yang dapat mengarah pada ajakan karena beberapa audiens dalam komunitas global kami mungkin peka terhadap jenis konten ini,” tulis Facebook dalam peraturan tersebut.

Baca juga: Emoji Dua Telapak Tangan Menempel, Berdoa atau Tos High Five?

Melansir dari Dailymail, emoji tersebut masih bisa digunakan dalam teks tapi tidak dalam konteks manyarankan atau meminta sesuatu yang berunsur seksual.

Pedoman baru pertama kali terungkap oleh XBIZ yang melaporkan bahwa Facebook merevisi Standar Komunitasnya antara 7-24 Oktober.

Postingan yang ditemukan dengan emoji “tabu” akan dihapus dan pelanggaran berulang mungkin membuat akun mereka dinonaktifkan

Peraturan ini awalnya ditujukan bagi para pekerja seks yang menggunakan platform tersebut untuk menjual layanan mereka.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X