Hoaks Fakta Sepekan, Pelajar Tirukan Suara Jokowi hingga Hak Cipta Logo Piala Dunia

Kompas.com - 03/11/2019, 19:08 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax

KOMPAS.com - Dalam pekan ini, beredar beragam informasi yang tersebar di media sosial, terutama informasi unik yang menjadi viral.

Salah satunya, yakni unggahan berupa video seorang pelajar yang diminta menjawab pertanyaan pemateri di sekolah negeri di Jakarta.

Tak hanya itu, informasi lainnya, seperti polemik hak cipta logo Piala Dunia U-20 juga sempat ramai dibicarakan di media sosial.

Diketahui, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta sepak bola dunia, Piala Dunia U-20, pada tahun 2021 mendatang.

Adapun Kompas.com mengonfirmasi dan merangkum informasi viral yang tersebar di media sosial pada rentang waktu 28 Oktober-3 November 2019.

Berikut rinciannya:

Video Pelajar dengan Suara Mirip Jokowi

Pasca-pelantikan presiden dan wakil presiden, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin yang digelar pada awal bulan Oktober 2019, muncul video seorang pelajar sedang menirukan suara Jokowi beredar di media sosial pada Sabtu (26/10/2019).

Pihak pengunggah, akun Twitter @SammiSoh, menuliskan bahwa suara pelajar dalam video tersebut sangat mirip dengan suara Jokowi.

Ribuan warganet pun setuju dengan apa yang disampaikan @SammiSoh. Alhasil, video tersebut disukai oleh 19.400 kali dan telah dikomentari sebanyak lebih dari 12.200 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Saat dikonfirmasi, pelajar tersebut bernama Febrian Firmansyah, seorang pelajar dari SMAN 4 Jakarta.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X