Mengenal Sosok Iwan Bule, Ketum PSSI yang Pernah Diperiksa Terkait Kasus Novel Baswedan

Kompas.com - 03/11/2019, 15:07 WIB
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 melalui pemilihan pada Kongres Luar Biasa PSSI, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Dok. PSSIMochamad Iriawan alias Iwan Bule akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 melalui pemilihan pada Kongres Luar Biasa PSSI, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

KOMPAS.com - Komisaris Jenderal Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Iwan terpilih melalui Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangrilla, Jakarta, Sabtu (2/10/2019).

Iwan berhasil meraup 82 suara dari total 85 pemilih. Sisanya, tiga pemilih abstain dan satu pemilih tidak mengikuti proses pemilihan, yaitu Persis Solo.

Ia mengalahkan dua pesaing lainnya, yaitu Arif Putra Wicaksono dan Rahim Soekasah.

Sementara itu, tujuh calon lainnya telah mengundurkan diri sebelum pemilihan dimulai.

Diperiksa TGPF

Iwan Bule diketahui lahir di Jakarta pada 31 Maret 1962 dan merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1984.

Karier kepolisiannya terbilang cemerlang dan pernah menduduki sejumlah jabatan. Mulai dari Kapolres Tegal di tahun 2001, Kapolda NTB di 2012, Kapolda Jawa Barat, hingga 2016 menjadi Kapolda Metro Jaya.

Selain itu, ia juga berperan mengamankan Jakarta yang mengadakan Pilgub DKI pada 2017 silam.

Baca juga: Jalan Panjang Iwan Bule Menuju Ketua Umum PSSI...

Bahkan Iwan Bule pernah menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut menjelang Pemilihan Kepala Daerah.

Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Hendardi, ketika ditemui di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2019).KOMPAS.com/Devina Halim Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Hendardi, ketika ditemui di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2019).
Berdasarkan catatan Kompas.com, Iwan pernah diperiksa oleh Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) terkait kasus Novel Baswedan.

Anggota TGPF Hendardi mengatakan, Iwan diperiksa dan ditanya terkait adanya dugaan keterlibatan jenderal polisi yang terlibat dalam penyerangan air keras terhadap Novel.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X