Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keriuhan Menteri Jokowi soal Gaji, dari Terawan hingga Prabowo...

Kompas.com - 01/11/2019, 14:41 WIB
Mela Arnani,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keriuhan mewarnai perbincangan publik mengenai para menteri yang menyatakan akan menyerahkan gajinya.

Pekan lalu, pernyataan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang mengatakan akan menyerahkan gaji pertamanya kepada BPJS Kesehatan menjadi perbincangan.

Terakhir, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dikabarkan tidak akan menerima gajinya, mobil dinas, dan rumah dinas menteri.

Namun, Prabowo membantahnya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (26/10/2019), Menkes Terawan mengatakan, gaji pertama dan tunjangan kinerjanya sebagai menteri akan diserahkan kepada BPJS Kesehatan yang selama ini menghadapi masalah pendanaan.

Mantan Kepala RS Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto tersebut melakukan hal ini untuk mengatasi defisit program jaminan kesehatan nasional.

Baca juga: Menkes Terawan Akan Serahkan Gaji Pertamanya, Ini Tanggapan BPJS Kesehatan

Terawan mengajak dan berharap para pegawai di Kementerian Kesehatan mengikuti aksinya secara sukarela sebagai gerakan moral mengatasi defisit BPJS Kesehatan.

"Kalau saya pribadi, saya akan serahkan gaji pertama sebagai menteri dan tunkin (tunjangan kinerja) saya. Pak Sekjen juga menyetujuinya, mungkin nanti akan diikuti secara masif oleh karyawan di Kementerian Kesehatan dengan kerelaannya, terserah mereka," ujar dia.

Meski Terawan mengklaim belum mengetahui besaran uang yang akan diterimanya, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2000, gaji pokok menteri sebesar Rp 5,04 juta per bulan.

Sementara itu, tunjangan kinerja yang diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001 tentang Tunjangan Jabatan bagi Pejabat Negara Tertentu menunjukkan angka Rp 13,6 juta per bulan.

Dengan demikian, per bulannya, seorang menteri akan mendapatkan gaji dan tunjangan kinerja sebesar Rp 18,64 juta per bulan.

Baca juga: Menkes Terawan Akan Serahkan Gaji Pertamanya untuk BPJS Kesehatan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Soal Prabowo tak akan menerima gajinya sebagai Menteri Pertahanan, pertama kali dilontarkan Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Dahnil mengunggah twit dan menyebutkan hal itu sebagai bentuk komitmen pengabdian terhadap bangsa dan negara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com