Mengenal 5 Bali Baru, Destinasi Super Prioritas Indonesia

Kompas.com - 01/11/2019, 08:45 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara duduk santai berdua di titik pandang arah Danau Toba di The Kaldera yang terletak di Kabupaten Toba Samosir, Selasa (30/7/2019). The Kaldera adalah salah satu distinasi unggulan sebagai salah satu rintisandari sepuluh Bali Baru yang terletak disekeliling Kawasan Danau Toba. ISTANA PRESIDEN/AGUS SUPARTOPresiden Joko Widodo dan Ibu Negara duduk santai berdua di titik pandang arah Danau Toba di The Kaldera yang terletak di Kabupaten Toba Samosir, Selasa (30/7/2019). The Kaldera adalah salah satu distinasi unggulan sebagai salah satu rintisandari sepuluh Bali Baru yang terletak disekeliling Kawasan Danau Toba.

KOMPAS.com - Pemerintah telah menetapkan lima kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau Bali Baru dengan status super prioritas.

Diberitakan Kompas.com (20/10/2019), lima bali baru yang dimaksud yakni Danau Toba di Sumatera Utara; Borobudur di Magelang, Jawa Tengah; Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat; Bunaken di Sulawesi; dan Bangka Belitung.

Kelima destinasi wisata super prioritas tersebut bakal mendapat alokasi anggaran pembangunan infrastruktur Rp 7,1 triliun pada 2020.

Anggaran fantastis untuk kawasan pariwisata yang telah ditetapkan sebagai "super prioritas" itu dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur penunjang konektivitas, sumber daya air, perumahan dan pemukiman.

Berdasarkan laporan Kompas.com, Kamis (31/10/2019), Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi juga meminta kepada Asosiasi Maskapai Penebangan Indonesia (INACA) ikut membantu pemerintah dalam mengembangkan pariwisata di 5 Bali Baru.

Berikut sekilas tentang 5 Bali Baru tersebut.

1. Danau Toba

Presiden Joko Widodo mengunjungi Dermaga Jety Samosir di kawasan Pantai Pasir Putih, Samosir, Sumut, Selasa (30/7/2019). Kedatangan Presiden itu untuk meninjau pengembangan wisata di kawasan Danau Toba yang akan dijadikan destinasi wisata berkelas dunia.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Presiden Joko Widodo mengunjungi Dermaga Jety Samosir di kawasan Pantai Pasir Putih, Samosir, Sumut, Selasa (30/7/2019). Kedatangan Presiden itu untuk meninjau pengembangan wisata di kawasan Danau Toba yang akan dijadikan destinasi wisata berkelas dunia.

Danau Toba merupakan danau alami yang berada di tengah pulau Sumatera bagian Utara. Danau Toba sendiri merupakan danau yang populer di Sumatera Utara dengan pemandangan alam kawasannya yang mutlak tak bisa ditawar.

Hamparan hijau perbukitan di sekitarnya, serta biru danau dengan Pulau Samosir yang berada di tengah turut memperindah pemandangan danau ini.

Pulau Samosir diketahui dihuni oleh banyak penduduk dan menampung lebih dari 100 desa.

Pada awalnya, danau Toba merupakan sebuah gunung yang kemudian meletus hebat. Kini, Gunung api raksasa (supervolcano) bersemayam di bawah Danau Toba.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber kompas.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X