Agar Tak Hidup dari Gaji ke Gaji, Sisihkan Dana Darurat dengan Cara Ini

Kompas.com - 30/10/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi dana umrah SHUTTERSTOCKIlustrasi dana umrah

KOMPAS.com - Hari gajian atau kerap juga disebut dengan payday merupakan waktu paling ditunggu para pegawai. Selain karena menjadi waktu "terbayarnya" kerja keras selama sebulan, orang juga melunasi segala kebutuhan pada waktu-waktu ini.

Sayangnya, kebanyakan orang hanya hidup dari gaji satu bulan ke bulan lain. Alasannya tak lain adalah dengan segala kebutuhan, sebagian besar gaji yang diterima hanya bertahan dalam jangka waktu tak sampai sebulan.

Ya, kebanyakan orang yang hidup mengandalkan gaji bulanan. Dana tersebut biasanya habis untuk berbagai keperluan seperti membayar cicilan dan hal-hal lain.

Padahal, kerap kali keadaan darurat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bagi beberapa orang, keadaan darurat bisa diatasi dengan dana yang ada.

Namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang tidak memiliki tabungan untuk keadaan ini.

Ini membuat dana darurat menjadi penting untuk dicadangkan sebagai dana utama ketika ada kebutuhan mendesak.

Baca juga: Begini Cara Mengelola Gaji dengan Baik dan Benar

Jumlah Dana Darurat

Melansir laman CNBC, analis keuangan Leslie Thompson yang juga kepala pengelola Spectrum Management Group di Carson Wealth, merekomendasikan aturan praktisnya adalah menyiapkan dana untuk pengeluaran darurat mulai dari sejumlah tiga hingga enam bulan gaji.

Bukan hanya Thompson, Priya Malani, mitra pendiri di perusahaan perencanaan keuangan Stash Wealth di New York juga menyarankan hal serupa.

"( Nominal) dana darurat Anda harus sama dengan tiga bulan dari pengeluaran tetap Anda," kata Malani.

Meski begitu, Thompson mengatakan, tujuan menabung untuk keperluan dana darurat bukan hanya mengumpulkan uang, namun untuk membangun disiplin dalam mengelola keuangan.

"Itu membangun disiplin untuk menghemat uang," ujar Thompson.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X