Deretan Perayaan Hari Sumpah Pemuda dari Tahun ke Tahun

Kompas.com - 28/10/2019, 20:00 WIB
Para PNS berbusana adat dari seluruh Indonesia, saat mengikuti upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda di halaman Gedung Pemkab Gresik, Senin (28/10/2019). KOMPAS.com/HAMZAH ARFAHPara PNS berbusana adat dari seluruh Indonesia, saat mengikuti upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda di halaman Gedung Pemkab Gresik, Senin (28/10/2019).

KOMPAS.com - Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober telah diperingati sejak tahun 1978. Ya, setelah 50 tahun berlalu dari Kongres Pemuda II, baru Hari Sumpah Pemuda diperingati secara nasional.

Peringatan Hari Sumpah pemuda merujuk pada Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928 sebagai salah satu upaya untuk meraih kemerdekaan.

Tak melulu berupa upacara seremonial, beragam cara juga dilakukan untuk memperingati hari bersejarah ini.

Tak hanya itu, sejumlah kalangan juga memanfaatkan momentum Hari Sumpah Pemuda untuk menggelar aksi kemanusiaan.

Berikut deretan perayaan unik Hari Sumpah Pemuda di berbagai wilayah di Indonesia dari tahun ke tahun.

Baca juga: Sumpah Pemuda, Warga Ramai-ramai Bersihkan Sungai yang Tercemar di Purwakarta

Aksi Jalan Mundur

Dikutip dari pemberitaan Harian Kompas, 29 Oktober 2012, puluhan pemuda di kompleks lokalisasi Tambak Asri, Surabaya, Jawa Timur memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan cara yang unik.

Mereka melakukan aksi jalan mundur dari Tol Dupak menuju Jalan Tambak Asri 197.

Aksi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memerangi perdagangan manusia (human trafficking) dan peredaran narkoba di Surabaya.

Salah seorang aktivis di kawasan Tambak Asri Daniel Lukas Rorong mengatakan, aksi itu untuk menggerakkan masyarakat, terutama pemuda untuk lebih peduli dengan kehidupan di wilayah sendiri.

"Di wilayah ini, masih berlangsung praktik perdagangan manusia karena masih luput dari pengawasan pemudi di daerah ini. Untuk itu, peran pemuda sangat diperlukan," kata Daniel.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X