Hoaks Fakta Sepekan, dari Tas Istri Wapres Ma'ruf Amin hingga Seputar Suhu Panas

Kompas.com - 27/10/2019, 18:56 WIB
Ilustrasi hoaks ShutterstockIlustrasi hoaks

KOMPAS.com - Dalam sepekan ini, informasi viral yang menyebar di media sosial baik di Facebook, Twitter, dan Instagram beragam.

Bertepatan dengan pekan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, beredar pula informasi mengenai tas yang dikenakan oleh istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wuri Esti Handayani.

Selain itu, cuaca panas yang terjadi belakangan ini juga diikuti berbagai informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Dalam pekan ini, Kompas.com melakukan konfirmasi atas beragam informasi yang beredar itu.

Selengkapnya, berikut rangkuman 5 hoaks dan fakta pekan ini:

1. Tas Wuri Ma'ruf Amin

Pasca pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI periode 2019-2024, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, yang diselenggarakan pada Minggu (20/10/2019), media sosial menyoroti sosok istri Jokowi dan istri Ma'ruf Amin.

Beredar tangkapan layar diikuti narasi bahwa istri Ma'ruf Amin, Wuri Esti Handayani  menenteng tas yang didugaa merek Hermes yang harganya di kisaran Rp 672 juta.

Setelah ditelusuri dan dikonfirmasi, ternyata tas yang dikenakan oleh Wuri merupakan tas motif kulit buaya produk lokal dengan label Yuyutsu Bag karya Mega Kamila.

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Mega mengungkapkan bahwa tas yang dipakai Wuri harganya sekitar Rp 4 juta.

Wuri juga menjelaskan bahwa Wuri membeli tas tersebut beberapa bulan lalu melalui seorang temannya yang juga mengenal Mega.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X