Mata Berwarna Kuning? Waspada Penyakit Kuning

Kompas.com - 26/10/2019, 09:30 WIB
Pada penyakit kuning, putih mata akan menjadi kuning shutterstock.comPada penyakit kuning, putih mata akan menjadi kuning


KOMPAS.com – Warna pada mata seharusnya berwarna putih bersih. Namun beberapa sebab menyebabkan mata berubah warna. Salah satunya saat seseorang menderita penyakit kuning.

Melansir dari Medical News Today, penyakit kuning merupakan istilah untuk menggambarkan semburat kekuningan yang muncul pada kulit dan bagian putih mata.

Tingkat kekuningan warna kulit dan putih mata akan bervariasi tergantung pada kadar bilirubin.

Bilirubin sendiri adalah bahan limbah yang ditemukan dalam darah.

Umumnya, penyakit kuning merupakan masalah yang ditimbulkan akibat adanya masalah pada hati maupun saluran empedu.

Penyakit kuning beberapa kali muncul pada kasus bayi yang baru lahir, namun penyakit ini juga bisa terjadi pada orang dewasa lantaran adanya beberapa faktor penyebab yang mendasarinya.

Baca juga: Mengenal Penyakit Autoimun seperti yang Dialami Ashanty

Penyebab Penyakit Kuning

Sakit kuning bisa terjadi ketika tubuh tidak memproses bilirubin dengan benar karena terdapatnya masalah di hati atau yang kerap dikenal sebagai ikterus.

Fungsi hati sendiri adalah menyaring limbah pada darah. Prosesnya, saat bilirubin mencapai hati, bahan kimia lain akan menempel padanya yang kemudian disebut sebagai bilirubin terkonjugasi.

Bilirubin terkonjugasi ini kemudian masuk ke dalam empedu, dan kemudian memberikan warna coklat pada feses.

Namun, jika bilirubin terlalu banyak maka bisa bocor ke jaringan sekitarnya, kondisi inilah yang disebut hiperbilirubinemia dan menimbulkan warna kuning pada kulit dan mata

Faktor Risiko

Beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang menderita penyakit kuning meliputi:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X