Menanti Kinerja Menteri Jokowi...

Kompas.com - 25/10/2019, 05:50 WIB
Presiden RI, Joko Widodo melantik menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPresiden RI, Joko Widodo melantik menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan para menteri yang mengisi kabinet barunya, Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10/2019).

Ada wajah-wajah baru, ada juga "pemain lama" yang mengisi Kabinet Indonesia Kerja sebelumnya.

Selain unsur TNI, Polri, menteri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 juga diisi dari tokoh partai politik hingga kalangan profesional.

Meski tidak banyak setidaknya ada 5 srikandi yang menghiasi menteri Jokowi.

Di antaranya yakni Sri Mulyani, Siti Nurbaya, Ida Fauziyah, Retno Marsudi hingga Gusti Ayu Bintang Darmavati.

Menanggapi komposisi menteri baru Jokowi, Direktur Pusat Kajian Politik (Puskapol) UI Aditya Perdana mengungkapkan, sebagian besar kabinet Jokowi berasal dari kelompok profesional.

Menurutnya, bila diperhatikan kelompok profesional menjadi sangat beragam.

"Ada beberapa hal yang menonjol menurut saya, misalkan masuknya pensiunan tentara dan polisi yang menurut saya jumlahnya lebih banyak, ini yang di luar partai politik," kata Aditya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/10/2019).

Lalu dia melihat sosok Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dalam dua konteks, yakni sebagai partai dan juga pensiunan TNI.

"Nah dari sisi komposisi partai, menurut saya relatif sudah kelihatan bahwa ternyata yang paling banyak mendapat kursi menteri seperti yang kita duga. Meskipun Partai Demokrat yang tadinya diprediksi masuk kabinet, akhirnya tidak masuk," kata dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X