[HOAKS] BPJS Blokir Pelanggan yang Memiliki Kendaraan Bermotor Lebih dari Satu

Kompas.com - 24/10/2019, 20:06 WIB
Hoaks BPJS disebut akan blokir pengguna yang memiliki kendaraan motor lebih dari satu dan memiliki mobil. WhatsAppHoaks BPJS disebut akan blokir pengguna yang memiliki kendaraan motor lebih dari satu dan memiliki mobil.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah pesan yang berisi informasi mengenai pemblokiran fasilitas BPJS Kesehatan gratis bagi pelanggan yang memiliki kendaraan motor lebih dari satu beredar luas di masyarakat.

Adapun pesan tersebut banyak tersebar di aplikasi pesan WhatsApp pada Kamis (24/10/2019).

Tak hanya itu, data-data seputar banyaknya kendaraan pelanggan BPJS ini sudah terhubung dengan data Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat).

Lantas, benarkah informasi mengenai pemblokiran fasilitas BPJS ini?

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, pesan tersebut berisi informasi tentang warga yang awalnya menerima bantuan BPJS gratis akan dicek kebenarannya.

Pengecekan tersebut dapat langsung dilakukan lantaran saat ini data BPJS Kesehatan diduga telah terhubung dengan data Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Adapun data Samsat ini dapat memberi informasi mengenai warga yang memiliki kendaraan roda dua sebanyak lebih dari satu unit, dan juga warga yang memiliki kendaraan roda empat.

Jika hal itu diketahui, maka pihak BPJS akan memblokir atau menonaktifkan fasilitas BPJS gratis kepada pelanggan dengan dua kategori tersebut.

Berikut isi pesan yang beredar:

"SEKILAS INFO

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X