Ditunjuk sebagai Plt Kapolri, Siapa Sosok Ari Dono Sukamto?

Kompas.com - 22/10/2019, 20:14 WIB
Wakapolri Komjen Ari Dono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan (2/10/2018). KOMPAS.com/Devina HalimWakapolri Komjen Ari Dono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan (2/10/2018).

KOMPAS.com – Presiden Jokowi menunjuk Wakapolri Komjen Ari Dono Sukamto menggantikan sementara posisi Jenderal (Pol) Tito Karnavian. Ia ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri.

Seperti diketahui, DPR menyetujui surat permintaan yang dikirimkan Presiden Jokowi terkait pemberhentian Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian dari jabatannya, Selasa (22/10/2019).

Meski begitu, pemberhentian Tito dari jabatan Kapolri belum dipastikan terkait dengan kemungkinannya bergabung ke dalam kabinet Jokowi 2019.

Kabar mengenai Tito bergabung sebagai calon menteri Jokowi mulai berembus ketika ia terlihat datang ke Istana Kepresidenan Senin (21/10/2019).

Sehari setelah kemunculannya di Istana, Tito berhenti dari jabatannya sebagai Kapolri dan digantikan oleh Ari Dono Sukamto.

Baca juga: DPR Setujui Surat Pemberhentian Tito Karnavian sebagai Kapolri

Sosok Ari Dono Sukamto

Lantas, siapakah sosok Ari Dono Sukamto yang menggantikan Tito?

Ari merupakan sosok dari kepolisian yang kariernya menanjak tahap demi tahap.

Berdasarkan catatan Harian Kompas Ari Dono pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Polda Sulawesi Tengah, dan pada 2013, posisi Ari Dono yang semula wakil, kemudian naik sebagai Kepala Polda Sulawesi Tengah.

Setelah itu, karir Ari Dono semakin berkembang.

Ia pernah menjadi Staf Ahli Manajemen Kapolri dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi, serta pernah ditunjuk sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X