Membaca Wajah Kabinet Jokowi Jilid 2 dari Mereka yang Dipanggil ke Istana...

Kompas.com - 22/10/2019, 06:05 WIB
Erick Thohir (kiri) dan Wishnutama (kanan) saat mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO AErick Thohir (kiri) dan Wishnutama (kanan) saat mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

KOMPAS.com - Sejumlah tokoh mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (21/10/2019) untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

Hingga Senin sore, mereka yang mendatangi Istana di antaranya, mantan Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD; CEO Gojek Nadiem Makarim; bos Net TV Wishnutama Kusbandio; pendiri Mahaka Group Erick Thohir; Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Selain itu, ada pula Bupati Minahasa Selatan Christiany Euginia Tetty Paruntu.

Menteri Sekretaris Negara pada Kabinet Kerja 2014-2019, Pratikno, juga terlihat mendatangi Istana bersama Komisaris Utama PT Adhi Karya Fadjroel Rahman dan mantan Staf Khusus Presiden, Nico Harjanto.

Kedatangan dan pengakuan mereka menguatkan sinyal siapa saja sosok yang akan mengisi kabinet baru Jokowi.

Setelah dilantik sebagai Presiden RI 2019-2024, Jokowi menyatakan akan memperkenalkan para calon menterinya pada hari Senin.

Baca juga: Minta Prabowo Tak Masuk Kabinet, KontraS Singgung Kasus HAM

Sebelumnya, Presiden juga menyatakan bahwa ia akan menarik orang-orang muda menjadi pengisi kabinetnya.

Melihat sosok muda seperti Nadiem Makarim, Wishnutama, dan Erick Thohir, yang mendatangi Istana kemarin, akan seperti apa wajah baru Kabinet Kerja Jilid 2?

Peneliti Center for Strategis and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menilai, pemanggilan tokoh-tokoh kemarin belum bisa memberikan gambaran utuh mengenai wajah kabinet ke depan.

Menurut dia, masih banyak nama yang belum terungkap sebagai pengisi keseluruhan dalam kabinet Jokowi yang baru.

Meski demikian, melihat para tokoh yang datang, ia memprediksi, akan ada lagi kejutan nama baru yang selama ini dianggap mumpuni di bidangnya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X