Kompas.com - 21/10/2019, 20:51 WIB
Joko Widodo saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOJoko Widodo saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024.

KOMPAS.com – Usai pelantikan presiden untuk periode 2019-2024 digelar, nama-nama menteri yang akan menduduki kabinet pemerintahan Joko Widodo, santer dibicarakan publik.

Publik penasaran, siapa saja yang akan menduduki kursi Kabinet Kerja Jilid 2 di pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Sejumlah nama, yang dipanggil presiden ke Istana Kepresidenan pada Senin (21/10/2019) disinyalir kuat akan dipilih Presiden Joko Widodo sebagai menteri di Kabinet Jokowi kali ini.

Beberapa tokoh yang terlihat hadir ke Istana hari ini adalah wajah-wajah lama.

Namun, yang kemudian menjadi sorotan, adalah hadirnya sejumlah wajah baru ke Istana.

Wajah-wajah baru tersebut diantaranya adalah Nadiem Makarim, Wishnutama, serta Erick Thohir.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bambang Soesatyo: Presiden Jokowi Ingin Ada 8 Menteri Perempuan di Kabinet

 

Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Mada Sukamjati, berpendapat, sosok-sosok non politis seperti mereka lebih memiliki orientasi jangka panjang, berbeda dengan para politisi yang orientasinya cenderung lebih pendek hanya ketika masa jabatan saja.

“Orang-orang seperti ini orientasi lebih jangka panjang, dan lebih konkret upayanya, berbeda dengan politisi logikanya jangka pendek, mungkin sampai 2024 mereka berpikir, dan cenderung bermain retorika saja,” kata Mada.

Selama ini, baik Nadiem, Wishnutama, maupun Erick Thohir dikenal publik bukanlah sebagai sosok orang-orang yang berada di lingkungan birokrasi.

Ketiganya, merupakan sosok-sosok yang memang profesional dalam bidangnya masing-masing.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X