Mulai November 2019 Malioboro Steril dari Rokok?

Kompas.com - 21/10/2019, 05:50 WIB
Sore hari di Jalan Malioboro yang legendaris, Sabtu (12/3/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIASore hari di Jalan Malioboro yang legendaris, Sabtu (12/3/2018).

KOMPAS.com - Kawasan wisata Malioboro dikabarkan akan dilakukan uji coba di mana perokok bakal tidak bisa merokok sembarangan di kawasan tersebut pada awal November 2019 mendatang.

Adapun informasi ini berawal dari unggahan Instagram Jogja Info yang menarasikan "Mulai November, sudah tidak bisa lagi merokok sembarangan di Malioboro" pada Sabtu (19/10/2019).

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Yogyakarta, Tri Mardoyo, mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut baru berfokus pada organisasi perangkat daerah.

"Setahu saya belum (berlaku). Baru fokus organisasi perangkat daerah, sarana belajar mengajar, pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta tempat-tempat umum, termasuk Malioboro baru tahap uji coba," ujar Tri saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/10/2019).

Tri mengaku belum tahu persis mengenai tujuan pemerintah menerapkan uji coba kawasan khusus untuk perokok.

Menurutnya, kalau kawasan khusus tersebut langsung diterapkan masih belum bisa, sebab saat ini Malioboro belum diimbangi prasarana yang ada, misalnya tempat merokok.

Adapun tempat merokok saat ini baru terdapat di samping Malioboro Mall saja, belum menjamur ke beberapa tempat umum lainnya.

Baca juga: Sambangi Malioboro, Coba Grab Andong dengan Tarif Rp 150.000 Per Jam

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X