Momen 5 Tahun Lalu, Saat SBY Tinggalkan Istana Diiringi Lagu "Pantang Mundur"...

Kompas.com - 20/10/2019, 19:12 WIB
Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono meninggalkan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, yang langsung disambut hangat oleh masyarakat, Senin (20/10/2014). KOMPAS/RIZA FATHONIPresiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono meninggalkan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, yang langsung disambut hangat oleh masyarakat, Senin (20/10/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen pelepasan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI lima tahun lalu, 20 Oktober 2014, menjadi salah satu momen yang mengharukan dari berbagai cerita peralihan kepemimpinan.

Pada hari itu, masyarakat menyambut presiden yang baru, Joko Widodo, sekaligus melepas sosok Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) sebagai pemimpin.

Berikut beberapa momen perpisahan SBY setelah Pelantikan Presiden 2014 seperti dirangkum dari pemberitaan Harian Kompas dan Kompas.com:

Menerima Presiden Joko Widodo

Setelah acara pelantikan dan menyampaikan pidato langsung di hadapan masyarakat, 20 Oktober 2014, Jokowi melanjutkan perjalanannya ke Istana Merdeka.

Dia datang dan diterima Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono di tangga sisi barat Istana.

Sebelum menuju Istana Merdeka untuk pisah sambut, SBY beristirahat dan makan siang di Lantai III Gedung Utama Sekretariat Negara.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: 20 Oktober 2014, Melepas SBY, Menyambut Jokowi

Saat itu, ia ditemani oleh sang istri, Ani Yudhoyono, beserta sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu II, antara lain Chairul Tanjung dan Sudi Silalahi.

Diiringi lagu Pantang Mundur

Prosesi pelepasan SBY diiringi oleh lagu Pantang Mundur yang dinyanyikan kelompok paduan suara dipadu dengan alunan musik orkestra.

Seusai acara lepas sambut, Jokowi dan Iriana mengantarkan SBY dan Ani meninggalkan Istana Merdeka, tak jauh dari lobi Istana.

Selanjutnya, SBY dan Ani berjalan melewati karpet merah.

Dengan didampingi putranya, Edhie Baskoro Yudhoyono, SBY dan Ani menapaki karpet merah yang mengantarkan mereka menuju ke pintu keluar Istana.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X