Inilah 9 Kepala Negara yang Hadir dalam Pelantikan Presiden 2019

Kompas.com - 20/10/2019, 18:00 WIB
Utusan Khusus presiden Persatuan Uni Emirat Arab, Syekh Nayan Mubarak Al Nahyan berdiri saat nama Utusan Khusus Presiden Republik Filipina Teodoro Locsin Jr disebut oleh Ketua MPR, Bambang Sosetyo. Tangkap layar Kompas TVUtusan Khusus presiden Persatuan Uni Emirat Arab, Syekh Nayan Mubarak Al Nahyan berdiri saat nama Utusan Khusus Presiden Republik Filipina Teodoro Locsin Jr disebut oleh Ketua MPR, Bambang Sosetyo.

KOMPAS.com - Sebanyak 9 kepala negara hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, Minggu (20/10/2019) di Gedung Parlemen, Jakarta.

Kesembilan kepala negara tersebut adalah PM Australia, PM Singapura, PM Malaysia, Sultan Brunei Darussalam, Raja Eswantini, PM Kamboja, Wapres Vietnam, Wapres Myanmar, dan Wapres China.

Selain kesembilan kepala negara tersebut, terdapat 7 utusan khusus dari beberapa negara, seperti Thailand, Amerika Serikat, Laos, Filipina, Uni Emirat Arab, dan Jepang.

Baca juga: Salah Dengar Nama, Utusan Kepala Negara Sahabat Tuai Tawa Saat Pelantikan Jokowi-Maruf

Berikut Kesembilan Kepala Negara yang Hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf:

1. Perdana Menteri Australia

Perdana Menteri Australia Scott Morisson menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

Ia didampingi oleh istrinya, Jenny Morrison dengan menggunakan pakaian berwarna hitam.

Mantan Menteri Keuangan Australia itu menduduki jabatan sebagai perdana menteri sejak Agustus 2018 lalu.

Hubungan antara Indonesia-Australia sendiri sempat bersitegang setelah Australia mempertimbangkan rencana pemindahan Kedutaan Besar di Tel Aviv ke Yerussalem, seperti diberitakan Kompas.com (15/2/2019).

2. Perdana Menteri Singapura

Selain Scott Morisson, Perdana Menteri Singapura Lee Hsioen Loong juga hadir dalam pelantikan presiden.

Hubungan bilateral Indonesia dengan Singapura sendiri selama ini terbilang baik, seperti diberitakan Kompas.com (8/10/2019).

Menurut Lee, Singapura dan Indonesia mencapai banyak hal ketika Presiden Jokowi menjabat.

Pernyataan itu disampaikan setelah menerima kunjungan Jokowi dalam agenda Leader's Retreat.

Terakhir, kedua negara menyepakati untuk memperpanjang kerja sama keuangan bilateral antara Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapure (MAS), seperti dikutip dari Kompas.com (9/10/2019).

3. Perdana Menteri Malaysia

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad termasuk dalam daftar nama kepala negara yang menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

Ia didampingi oleh istrinya Siti Hasmah. Politisi berusia 94 tahun itu, kembali menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia sejak 2018 lalu.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X