Pidato Presiden Jokowi dalam Pelantikan Tekankan Penyederhanaan Eselon

Kompas.com - 20/10/2019, 17:28 WIB
Presiden Joko Widodo dalam pidato pertamanya usai pelantikan yang dilakukan di Gedung DPR/MPR pada Minggu (20/10/2019). KOMPAS TVPresiden Joko Widodo dalam pidato pertamanya usai pelantikan yang dilakukan di Gedung DPR/MPR pada Minggu (20/10/2019).

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi dilantik hari ini Minggu (20/10/2019).

Dalam pelantikannya, Joko Widodo menyampaikan beberapa hal dalam pidatonya. Salah satu yang ia sampaikan adalah tentang penyederhanaan eselon.

Hal ini sebagai upaya penyederhanaan birokrasi secara besar-besaran.

“Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak
kebanyakan?” ujarnya.

Ia mengatakan nantinya eselon-eselon tersebut akan disederhanakan menjadi 2 level saja.

“Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi,” kata Jokowi lagi.

Baca juga: Pidato Presiden Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Akan Dilanjutkan

Ia melanjutkan nantinya pihaknya akan meminta kepada para menteri, pejabar dan birokrat untuk serius menjamin tercapainya program pembangunan.

Ia menekankan, kepada siapapun yang tidak serius maka ia tak akan memberi ampun dan tak segan untuk melakukan pencopotan.

Selain tentang penyederhanaan eselon, beberapa hal yang disampaikan Jokowi dalam pidaonya adalah tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastrukur, penerbitan Undang-Undang besar, dan tentang transformasi ekonomi.

Pelantikan Joko Widodo juga dihadiri sejumlah tokoh nasional seperti Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, Surya Paloh, Hamzah Haz, serta tampak pula Prabowo-Sandi.

Sejumlah perwakilan dari beberapa negara juga terlihat hadir. Tercatat 9 Kepala Negara dan beberapa utusan dari negara sahabat turut menghadiri acara Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X