4 Hal Mengenai Lensa Kontak, dari Infeksi hingga Ancaman Kebutaan

Kompas.com - 20/10/2019, 08:45 WIB
Ilustrasi lensa kontak SHUTTERSTOCKIlustrasi lensa kontak

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, memakai lensa kontak sangat membantu dan menunjang penampilan bagi orang dengan gangguan penglihatan.

Tak hanya itu, dengan menggunakan lensa kontak seseorang juga menilai lebih praktis. Sebab, kita tidak perlu melepas kacamata ketika melakukan aktivitas tertentu dan penglihatan tidak berembun ketika cuaca dingin atau sangat panas.

Lantas, apa saja yang perlu diketahui mengenai lensa kontak? 

1. Efek Tidur Memakai Lensa Kontak

Sejumlah orang ada yang sering tidur tanpa melepas lensa kontak terlebih dulu. Hal ini justru berbahaya bagi kesehatan mata.

Tidur dengan memakai lensa kontak berakibat membuat kornea mata kekurangan oksigen.

"Itu sama seperti tertidur dengan kantong plastik menutuipi kepala Anda," ujar juru bicara Akademi Ahli Mata Amerika (AAO) Dr Rebecca Taylor.

Menurutnya, ketika kita terjaga, kornea akan menerima oksigen dari udara. Namun, saat kita tertidur, kornea akan mendapatkan nutrisi dan mendapatkan pelumasan dari air mata dan cairan gelantinus yang dinamakan aqueous humor.

Sementara, apabila kita tertidur dengan keadaan lensa kontak belum dilepas, maka akan ada hambatan antara kelopak mata dengan kornea.

Dampak buruk yang dimungkinkan terjadi adalah mata terkena infeksi. Diketahui, gesekan sekecil apapun antara bagian belakang kontak lensa yang bersentuhan dengan kornea dapat menimbulkan infeksi bakteri atau parasit.

Adapun mikroorganisme tersebut bisa terbawa oleh lensa kontak sebelum digunakan, bahkan jika lensa kontak kotor atau terlalu lama dipakai.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X