Meski Bukan Ciu, Ini Bahaya Memberi Minum Paksa pada Kucing

Kompas.com - 20/10/2019, 06:00 WIB
Screen shoot Video Kucing diberi ciu Screen shoot Video dari akun @jmesbryantScreen shoot Video Kucing diberi ciu

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan oleh sebuah video yang menunjukkan seekor kucing dicekoki minuman oleh seorang pemuda. Sekilas tak ada yang aneh, tapi narasi yang disematkan dalam video tersebut tertulis bahwa kucing itu sedang dicekoki ciu bekonang.

Dalam video, nampak minuman tersebut membuat si kucing kejang-kejang hingga menemui ajalnya. Tak selang berapa lama, video ini kemudian viral dan menuai kecaman dari para pecinta hewan.

Kasus ini pun sedang diusut oleh pihak kepolisian. Sejauh ini, polisi mendapatkan keterangan dari pelaku bahwa air yang diberikan pada si kucing sebenarnya adalah air kelapa untuk membantu hewan malang itu sembuh dari keracunan akibat memakan tikus yang telah diracun.

Efek alkohol pada kucing

Meski begitu, satu pertanyaan yang tak bisa lepas ketika melihat video ini adalah apa sebenarnya efek minuman beralkohol ini pada seekor kucing?

Ciu bekonang merupakan minuman keras dari hasil sulingan sisa-sia etanol yang dicampur cairan tebu. Jenis minuman ini memiliki kadar alkohol sekitar 30 hingga 90 persen tergantung dari proses penyulingannya.

Baca juga: Viral Video Kucing Dicekoki Ciu, Ini Pengakuan Pelaku kepada Polisi

Dokter hewan sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana Kupang Yeremia Yobellano Sitompul mengatakan, kandungan alkohol dalam ciu dapat menyebabkan toksisitas pada hewan.

Ia juga mengatakan, tingkat keparahan efek alkohol pada seekor kucing tergantung pada jumlah volume minuman keras yang terminum.

"Kalau iya, bisa dilogika, manusia saja mungkin 1 gelas sudah teler, apalagi kucing yang ukuran tubuh lebih kecil tentu efeknya lebih dari teler," tambahnya.

Menurut Yeremia, jika jumlah ciu yang terminum oleh kucing cukup besar dan tentunya memiliki pengaruh yang besar pula.

"Misal berat badan kucing yang di video 5 kilogram, minum 200 mililiter yang setara satu gelas ciu. Secara kasar matematis untuk manusia dengan berat 50 kilogram saja seperti minum 10 gelas," ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X