Mengenal Borderline Personality Disorder yang Diidap Ariel Tatum

Kompas.com - 19/10/2019, 20:30 WIB
Ariel Tatum di karpet Merah AMI Awards 2016, Ecovention - Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Rabu (28/9/2016) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PAriel Tatum di karpet Merah AMI Awards 2016, Ecovention - Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Rabu (28/9/2016) malam.


KOMPAS.com - Aktris Ariel Tatum diketahui sempat menghilang dari industri hiburan Tanah Air.

Ternyata, selama ini, perempuan yang mengawali karirnya sebagai model iklan ini tengah memfokuskan diri memperbaiki kesehatan mentalnya.

Ia diketahui menderita Borderline Personality Disorder (BPD) atau kepribadian ambang akut, yang menyebabkan dirinya sulit untuk berkegiatan dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Gangguan mental yang dialaminya tersebut bahkan membuatnya nyaris berulang kali melakukan percobaan bunuh diri.

Lantas, apa itu Borderline Personality Disorder (BPD)?

Dokter spesialis kejiwaan Gina Anindyajati mengatakan, Borderline Personality Disorder (Gangguan Kepribadian Ambang) merupakan salah satu diagnosis gangguan jiwa.

Menurut Gina, gangguan kepribadian adalah suatu pola dari pengalaman internal dan perilaku yang terus menerus ditunjukkan, tampak sebagai pikiran, perasaan, hubungan interpersonal, serta kendali impuls seseorang dalam kehidupan sehari-harinya.

"Adapun pola ini menunjukkan deviasi yang bermakna dari norma budaya yang berlaku serta ekspektasi masyarakat pada umumnya," kata Gina kepada Kompas.com, Sabtu (19/10/2019).

Gina mengatakan, untuk bisa disebut sebagai gangguan, maka sifatnya harus pervasif (menetap) dan infleksibel (sulit berubah), stabil sepanjang waktu (bukan sesuatu yang episodik atau hilang timbul), serta menimbulkan penderitaan dan kesulitan dalam menjalankan fungsi kehidupan.

"Secara umum, orang dengan gangguan kepribadian ambang menunjukkan masalah dalam mengendalikan impuls (dorongan bertindak) dan regulasi emosi," kata Gina.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X