KPAI Kecam Penamparan Siswa SMK oleh Motivator

Kompas.com - 19/10/2019, 13:51 WIB
Tangkap layar video pemukulan siswa oleh motivator yang tersebar di media sosial KOMPAS.COM/ANDI HARTIKTangkap layar video pemukulan siswa oleh motivator yang tersebar di media sosial

KOMPAS.com - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti mengatakan, KPAI mengecam penamparan terhadap siswa-siswa SMK swasta di Kota Malang oleh seorang motivator kewirausahaan berinisial AS.

Penamparan tersebut terjadi pada Kamis (17/10/2019).

Insiden tersebut berawal dari operator yang salah mengetikkan sebuah kata dalam sebuah seminar.

Melihat hal tersebut, beberapa siswa pun tertawa.

Tidak senang dengan perilaku para siswa yang tertawa, AS meminta siswa-siswa tersebut maju dan menampar mereka satu per satu.

Mengetahui kejadian tersebut, pihak sekolah telah menemui AS.

Baca juga: Motivator yang Memukul 10 Siswa Jadi Tersangka dan Ditangkap

AS juga telah meminta maaf. Akan tetapi, beberapa orangtua yang anaknya menjadi korban telah melaporkan AS kepada polisi.

Menurut Retno, apa yang dilakukan oleh AS telah melanggar pasal 76C UU Perlindungan Anak.

"KPAI mengapresiasi pihak yang berinisiatif melaporkan kekerasan tersebut kepada pihak kepolisian. Apalagi, adegan kekerasan fisik dan verbal yang dilakukan terduga pelaku tersebut terjadi dalam ruang kelas dan disaksikan 117 anak lainnya, karena 8 siswa yang diminta berdiri di depan secara giliran mendapat pukulan. Sementara sebagian siswa sedang duduk menyaksikan teman dipukuli satu per satu," papar Retno saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/10/2019).

Retno mengatakan, AS tidak patut lagi menjadi motivator, terutama bagi anak-anak, karena dinilainya tempramental.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X