Pemblokiran Ponsel BM Dilakukan via IMEI, Apa Itu?

Kompas.com - 18/10/2019, 15:36 WIB
Halaman cek IMEI di situs Kemenperin. KemenperinHalaman cek IMEI di situs Kemenperin.

KOMPAS.com - Pemerintah akhirnya mengesahkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2019 yang mengatur soal pemblokiran ponsel ilegal ( black market/BM) berdasarkan identifikasi nomor IMEI, Jumat (18/10/2019).

Ada tiga kementerian yang menandatangani aturan tersebut, yakni Kementerian Perindustrian ( Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo), serta Kementerian Perdagangan.

Setelah ditandatangani oleh tiga kementerian tersebut, aturan ini tidak langsung berlaku. Masih memerlukan waktu transisi selama enam bulan sejak aturan resmi ditandatangani.

Lantas, apa itu IMEI?

Dilansir Antara, International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan kode unik dari setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional.

Berkat nomor IMEI ini, setiap ponsel memiliki identitas dan tidak sama dengan unit lainnya.

Kode IMEI ini terdiri dari 14 hingga 16 digit. Nomor ini bukan hanya semata-mata untuk keperluan dagang dan untuk mengetahui tipe ponsel, tetapi juga untuk keamanan ponsel yang dipakai.

Ketika ponsel tersebut hilang atau dicuri, pemilik ponsel dapat melaporkan kode IMEI ke operator seluler, sehingga bukan hanya nomor yang diblokir, tetapi juga pencuri tidak bisa menggunakan ponsel tersebut.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat melaporkan kode IMEI dari ponsel yang dicuri tersebut kepada pihak yang berwajib untuk dilacak.

Baca juga: Mengenal Jaringan 5G, Cara Kerja dan Bahayanya

Cara cek IMEI

Beberapa vendor ponsel telah menempelkan stiker berisi kode IMEI di belakang ponsel.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X