Tanya Jawab BKN soal CPNS 2019, dari Waktu Rekrutmen hingga Formasi

Kompas.com - 17/10/2019, 14:49 WIB
Para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017). KOMPAS/RADITYA HELABUMIPara peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017).

KOMPAS.com - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan segera dibuka.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mulai menerima banyak pertanyaan terkait seleksi CPNS 2019.

Melalui kanal Youtube resmi milik BKN ada berbagai pertanyaan yang dijawab oleh Kepala Biro Humas BKN.

Apa saja? Berikut tanya jawab BKN soal CPNS 2019 yang dirangkum Kompas.com, Kamis (17/10/2019).

1. Kapan penerimaan CPNS tahun ini?

Menurut Ridwan, dengan beberapa pertimbangan, kemungkinan jadwal rekrutmen dan prosesnya akan bergeser hingga tahun depan.

"Pertama karena Panselnas (panitia seleksi nasional) harus menyesuaikan dulu formasi yang sudah siap ini dengan struktur kabinet atau skema kabinet yang baru," kata Ridwan.

"Misalnya Kementerian A dan Kementerian B ternyata digabung, atau sebaliknya. Itu yang menyebabkan kita harus menunggu pelantikan presiden, menunggu kabinet baru terbentuk," lanjut dia.

Baca juga: Bersiap, Ini 4 Besar Formasi yang Akan Direkrut dalam CPNS 2019

Kedua, terdapat beberapa proses yang tidak bisa di squeeze (diperhimpit atau diperpendek), seperti pengumuman penerimaan yang setidaknya dilaksanakan selama 15 hari kalender dan pengunggahan dokumen ke sistem selama 10 hari kalender.

Dari pengumuman hingga pengunggahan dokumen saja setidaknya membutuhkan waktu hampir satu bulan.

"Oleh karena itu, kita berharap bahwa segera setelah pelantikan kabinet, Menteri PAN RB segera mengumumkan secara resmi. Dalam 15 hari kalender ke depan setelah minggu ke-empat Oktober itu," kata Ridwan.

2. Apa prioritas kebutuhan pemerintah tahun ini?

Ridwan menjelaskan, dari sekitar 700 kementerian/lembaga/daerah atau instansi, yang mendapat jatah formasi pada tahun ini hanya sebanyak 541 instansi.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X