Hari Pangan Sedunia, Ini Cara Olah Makanan Agar Tetap Sehat

Kompas.com - 16/10/2019, 20:30 WIB
Ilustrasi makanan sehat berdasarkan proporsi Isi Piringku. Dr dr Tan Shot Yen, M.HumIlustrasi makanan sehat berdasarkan proporsi Isi Piringku.

KOMPAS.com- 16 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia, yang bertepatan dengan tanggal lahir Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO). Tahun ini, FAO mengangkat tema Our Actions Are Our Future (Aksi Kita adalah Masa Depan Kita).

Melansir laman resmi FAO, tema yang diangkat ini menyoroti tentang makanan sehat untuk mencapai #ZeroHunger atau tidak adanya fenomena kelaparan lagi.

Menurut FAO, lebih dari 820 juta orang menderita kekurangan gizi kronis dengan persentase 60 persen wanita, dan 5 juta anak-anak di bawah 5 tahun mengalami malnutrisi tiap harinya.

FAO juga mencatat bahwa 672 juta orang menderita obesitas dan 1,3 juta lainnya kelebihan berat badan.

Mencapai #ZeroHunger tidak hanya tentang menyediakan makanan untuk orang-orang kelaparan. Namun, tema ini juga berarti memberikan orang-orang makanan sehat yang mencakup berbagai macam makanan bernutrisi dan aman.

Ya, pilihan makanan sehari-hari dapat sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Nutrisi yang baik adalah aspek yang penting untuk mengawali gaya hidup sehat.

Baca juga: Hari Pangan Sedunia, Ahli Gizi Harap Anak Tidak Diberi Makanan Kemasan

Salah satu cara untuk memperoleh nutrisi yang baik dari makanan adalah dengan memperhatikan pengolahan pangan.

Berikut beberapa cara untuk mengolah dan menyediakan makanan yang sehat:

1. Mengenali sumber bahan pangan

Sumber-sumber bahan pangan perlu diketahui untuk menjaga keamanan makanan. Sebab, seringkali bahan pangan terpapar oleh sumber penyakit.

Terkadang bahan pangan belum dibersihkan secara optimal sehingga masih mengandung kuman.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X